Menu

Pengurus Pokdar Kamtibmas Lima Daerah Dikukuhkan

  Dibaca : 130 kali
Pengurus Pokdar Kamtibmas Lima Daerah Dikukuhkan
FOTO BERSAMA— Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Kota Sawahlunto yang rmasuk wilayah IV bersama Pokdar Kamtibmas Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya dikukuhkan Kapolda Sumbar.

SAWAHLUNTO,METRO
Kelompok Sadar Keamanan (Pokdar Kamtibmas) Kota Sawahlunto yang termasuk wilayah IV dikukuhkan bersama dengan Pokdar Kamtibmas Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya di Gedung Kubung Solok 13, Selasa (22/9). Kelima Pokdar Kamtibmas ini dikukuhkan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH.

Kapolda menyebutkan, kehadiran Pokdar Kamtibmas ini sangat dibutuhkan masyarakat, sebab untuk menciptakan kondisi yang kondusif, karena adanya perbandingan jumlah aparat Polri yang tidak seimbang dengan jumlah penduduk. “Keberadaan Pokdar Kamtibmas sebagai problem soving dalam mengatasi masalah yang terjadi di masuarakat dengan meminimalisir masalah yang sampai ke ranah hokum. Seandainya bisa diselesaikan Pokdar Kamtibmas maka lebih baik,” ujar Kapolda.

Katanya, bentuk dari Alternative Dispute Resolution (ADR) ini bisa menjadi solusi yang mumpuni dalam kemajemukan problematika masyarakat, sebab Polri juga memiliki keterbatasan dalam anggaran untuk menangani persoalan masyarakat. Kelahiran Pokdar dari wilayah IV ini bisa cepat dilegalitaskan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Dan juga sebaiknya pemerintah daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk keberlangsungan Pokdar Kamtibmas ini.

Seperti Kota Bukittinggi yang pemerintah daerahnya mengalokasikan dana hingga Rp 3 miliar untuk Pokdar Kamtibmas Kota Bukittinggi, ini bisa jadi pemicu bagi pemerintah daerah yang lain. Deri Asta yang ditemui usai acara pengukuhan menyampaikan bahwa menurutnya Pokdar Kamtibmas Sawahlunto adalah organisasi yang membantu pemerintah daerah dalam mengamankan gejolak gejolak dari persoalan masyarakat. Dia memberikan apresiasi baik terhadap Pokdar Kamtibmas yang didukung oleh Polri.

Ketua Pokdar Kamtibmas H Jaswandi SE didampingi Wakil Ketua H Ismed SH siap pengukuhan mengungkapkan rasa syukurnya bahwa proses pembentukan Organisasi Masyarakat Pokdar Kamtibmas dapat berjalan dengan sukses. Dan telah selesai dikukuhkan oleh Kapolda Sumbar. Menurutnya segera akan dijalankan program-program Pokdar kedepannya. Yang sesuai dengan kondisi saat ini yaitu penanganan covid 19. “ Kita akan berperan aktif dalam mensosialisasikan Pergub mengenai protokol kesehatan dalam beraktifitas, pemasangan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Semuanya ada standarisasinya dan sanksi hukumnya bila tidak dipatuhi,” jelas Jaswandi .

Ditambahkan, dengan terkait jelang Pilgub di Sumbar. Meskipun daerah Sawahlunto tidak ada pemilihan kepala daerah dan pemilihan gubernur, namun sudah Tupoksi dari Pokdar Kamtibmas untuk menciptakan situasi yang kondusif, aman dan nyaman bagi warga Sawahlunto. “Di samping itu Pokdar Kamtibmas juga akan membantu penyelesaian dalam masalah sosial di masyarakat, berangsur dan berkelanjutan. Kita optimis Pokdar Kamtibmas akan diterima oleh masyarakat Kota Sawahlunto,” ujar Jaswandi. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional