Menu

Pengurus MUI Tanahdatar Dikukuhkan

  Dibaca : 284 kali
Pengurus MUI Tanahdatar Dikukuhkan
KUKUHKAN—Terlihat suasana pengukuhan MUI Tanahdatar, di Aula kantor bupati.

TANAHDATAR, METRO–Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Gusrizal Ga­zahar mengukuhkan De­wan Pimpinan MUI Tanah Datar Masa Khidmat 2020-2025, kemaren, di aula kantor Bupati di Paga­ru­yung.

 Selepas pengukuhan yang turut dihadiri Bupati diwakili Asisten Peme­rin­tahan dan Kesra Suher­men, Pimpinan LKAAM, perwakilan Kemenag, Bank Nagari Syariah, Camat se-Tanah Datar dan undangan lainnya, Buya Gusrizal me­nyampaikan betapa b­e­ratnya amanah yang di­emban.

 “Saat ini berbagai per­soalan umat yang terjadi sangat beragam, dan mem­butuhkan kegigihan kita, terutama MUI untuk turut serta menuntaskannya, tentunya hal yang sama diharapkan dari kepengu­rusan MUI Tanah Datar yang baru dikukuhkan,” ujar Buya Gusrizal.

 Tantangan itu, tam­bahnya, tidak hanya dibi­dang keagamaan saja, na­mun juga sektor lainnya. “MUI yang terhimpun dari ormas Islam dan bahkan pakar dari berbagai bidang keilmuan, tentunya diha­rapkan mempunyai se­mangat mengkaji, menga­nalisa dan masalah ke­umatan sehingga bisa dica­rikan solusinya demi ke­maslahatan bersama,” ka­ta­nya.

 “MUI adalah teman baik pemerintah, dengan kata lain, MUI akan ber­peran menyampaikan apa yang sebenarnya kepada pemerintah daerah untuk kebaikan dan kemas­laha­tan umat,” kata Buya Gus­rizal.

 Sebelumnya Ketua M­U­I Tanah Datar Masnefi dalam sambutannya me­nyampaikan dalam dewan kepengurusan MUI meli­batkan unsur akademisi dan praktisi yang ada di Tanah Datar.   “Perpaduan potensi akademi dan aka­demisi dalam MUI Tanah Datar, diharapkan sinergi dan kerja sama yang baik, bisa turut mengatasi per­masalahan umat di Tanah Datar,” katanya.

 Namun tentunya ke depan, tambah Masnefi, dukungan dan kerjasama semua pihak sangat dibu­tuhkan sehingga prog­ram dan kegiatan MUI dapat berjalan baik dan sukses.

 Sementara itu Bupati Tanah Datar diwakili A­sisten Suhermen menyam­paikan ucapan selamat mengemban amanah ke­pada seluruh dewan pim­pinan yang dikukuhkan.   “Pertama, saya sampaikan permohonan maaf Pak Bu­pati dan Wabup yang tidak bisa menghadiri acara ini, karena beliau berdua pada saat bersamaan sedang diklat kepemimpinan yang dilaksanakan Kemendagri secara virtual. Beliau titip salam dan menyampaikan selamat atas amanah dan pengukuhan hari ini,” ujar­nya.

 Tentu ke depannya, tambah Suhermen, kepe­ngurusan MUI Tanah Datar yang baru ke depannya bisa mengatasi berbagai masalah keumatan yang terjadi di Tanah Datar. “Ki­ta berharap MUI dan Pem­da saling bersinergi men­dukung program-program pembangunan Tanah Da­tar Luhak Nan Tuo yang punya filosofi Adat Basandi Syara’ Syara’ Kitabullah,” tukas­nya.

 Adapun Susunan De­wan Pimpinan MUI Tanah Datar berdasarkan SK MUI Provinsi Sumbar Nomor : Kep.03/MUI-SB/VI/2021 ter­tanggal 9 April 2021, Dewan Pertimbangan dija­bat H. Syukri Iska, Se­men­tara Ketua Umum H. Mas­nefi, Sekretaris Umum H. Afrizon dan Bendahara Umum H. Zarratul Khairi.  Selepas pengukuhan, se­lepas Dzuhur dilanjutkan Mudzakarah dan rapat kerja Dewan Pimpinan MUI Tanah Datar dan diikuti Wabup Richi Aprian.

 Wabup Richi dalam sam­butannya menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir acara pengu­kuhan dan menyampaikan selamat atas amanah yang diberikan.   “Selamat atas amanah yang telah dibe­rikan, Saya percaya bapak dan ibu akan mampu me­ngemban amanah dan tang­gungjawab ini sebaik-baik­nya,” kata Richi.

 Richi menambahkan, peranan MUI dalam ber­bagai kebijakan, terutama kebijakan beribadah bagi umat Islam sangat penting terutama dalam masa pam­­demi Covid-19 saat ini.   “Tidak masalah ibadah saja, permasalahan sosial negatif seperti LGBT, per­gaulan bebas dan nar­kotika tentunya juga diha­rapkan menjadi perhatian MUI untuk turut men­cari­kan solusi bagi kebaikan kita semua,” ujarnya.

 Diakhir penyam­paian­nya, Wabup berharap MUI masa Khidmat 2020 “ 2025 dalam rapat rencana kerja agar bisa menyusun ren­cana kerja yang strategis untuk pembinaan umat di Tanah Datar. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional