Menu

Pengurus Masjid Diminta Taat Prokes Selama Ramadhan

  Dibaca : 100 kali
Pengurus Masjid Diminta Taat Prokes Selama Ramadhan
TAUSYIAH— Wali Kota Padang Hendri Septe saat memberikan tausyiah dalamn suatu kegiatan keagamaan di salah satu masjid, beberapa waktu lalu.

AIA PACAH, METRO
Selama bulan Ramadhan, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) berubah dan berkurang dari biasanya. Mulai hari ini, Selasa (13/4), ASN Pemko Padang mulai masuk kantor pukul 08.00 WIB.

Tidak hanya itu, selama bulan suci ini, jam pulangpun berubah. Untuk hari Senin sampai Kamis, ASN pulang pukul 15.00 Wib. Sementara hari Jumat pulang pukul 15.30 WIB.

Sekda Kota Padang Amasrul mengatakan, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Padang Nomor: 870.508/BKPSDM.PKAP.2-PDG/2021, 9 April 2021 tentang Penetapan Jam Kerja Pada Bulan Ramadhan 1442 H Bagi ASN di Lingkungan Pemko Padang.
“Kita berharap, penyesuaian jam kerja tersebut, tidak sampai mempengaruhi produktivitas kita dalam bekerja, karena masih banyak target pekerjaan yang harus diselesaikan,” kata Amasrul.

Selanjutnya, kata Amasrul, bagi warga yang ingin melaksanakan ibadah Ramadhan di masjid/musala di lingkungannya harus menjalankan protokol kesehatan. “Kami berharap bapak/ibu ASN Pemko Padang dapat menjadi contoh penerapan hal tersebut,” kata Amasrul saat apel Senin (12/4) pagi.

Sekda Amasrul menyampaikan ucapan mohon maaf lahir batin dan selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H bagi ASN Pemko Padang dan bagi seluruh warga Kota Padang. “Semoga puasa kali ini dapat kita jalankan dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tuntasnya.

Ibadah di Masjid/Mushalla
Sebelumnya, Pemko Padang umat muslim Kota Padang untuk mengisi Ramadhan dengan beribadah di masjid/mushalla.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Padang Nomor: 451.234/Kesra-2021 tanggal 5 April 2021 tentang Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M, yang menyerukan kepada pengurus masjid/musala dan panitia Pesantren Ramadhan 1442 H/2021 M di kota Padang bahwa pelaksanaan ibadah selama Ramadhan dapat dilakukan di masjid dan mushalla dengan menerapkan protokol kesehatan.

Surat edaran dimaksud dikeluarkan menyusul surat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Barat yang ditujukan kepada Ketua PD DMI kabupaten/kota se-Sumatera Barat Nomor: 007/PW-DMI/SB/III/2021 tanggal 22 Maret 2021 tentang Imbauan Menyambut Ramadhan, yang mengimbau PD DMI kabupaten/kota se-Sumbar untuk mengajak umat melakukan ibadah di masjid/mushalla dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan dan menerapkan protokol kesehatan.

Sehubungan dengan hal itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengimbau kepada seluruh warga kota Padang untuk dapat menyiapkan diri secara lahir dan batin dalam menyambut Ramadhan 1442 H/2021 M, agar pelaksanaan ibadah pada bulan penuh rahmat dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Wako mengingatkan pengurus masjid/mushalla di Kota Padang untuk dapat melakukan kegiatan pembersihan masjid/mushalla, serta menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan, terutama yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan seperti tempat berwudhu yang bersih, tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Terakhir imbauan Wako, terkait tradisi “balimau” atau mensucikan diri yang biasa dilakukan oleh sebagian warga kota, pelaksanaannya untuk dapat dilakukan di rumah saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Di samping sebagai upaya menghindari klaster baru penyebaran pandemi Covid-19, juga sebagai bentuk kewaspadaan terhadap dampak dari kondisi cuaca yang tidak menentu. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional