Menu

Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Sijunjung, Selesaikan Masalah dengan Elok-elok Sajo

  Dibaca : 193 kali
Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Sijunjung, Selesaikan Masalah dengan Elok-elok Sajo
PENGUKUHAN—Pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung usai dikukuhkan Kapolda Sumbar di Kubung XII Kota Solok, Selasa (22/9).

SIJUNJUNG, METRO
Kapolda Sumbar Irjen Pol.Toni Harmanto mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Sijunjung. Pengukuhan organisasi kemitaraan Polri itu dilakukan di Kubung XII Kota Solok, dengan meliputi lima kabupaten/kota yang tergabung pada wilayah IV Sumbar, Selasa (22/9). Wilayah IV itu sendiri terdiri dari Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya. Dengan memiliki struktur kepengurusan di wilayah hukum polres masing-masing.

Hadirnya Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung diharapkan mampu menyelesaikan persoalan yang muncul. Melakukan pencegahan dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Pokdar Kamtibmas dibentuk dari sejumlah unsur ditengah masyarakat. Diantaranya dari unsur pemerintahan, legislatif, tokoh adat, tokoh agama, pengusaha, jurnalis, pengacara dan unsur lainnya. Bekerjasama dengan Polri dalam menjaga dan mempertahankan situasi Kamtibmas kondusif di Kabupaten Sijunjung, dengan mengutamakan kearifan lokal dan pola rembuk atau musyawarah.

“Salah satu yang melatar belakangi terbentuknya Pokda Kamtibmas ini karena keterbatasan personel Polri yang dimiliki. Sedangkan jumlah penduduk jauh lebih banyak. Sehingga pembentukan Pokdar menjadi sebuah kebutuhan untuk bersama menjaga kamtibmas. Disamping juga bantuan dari semua pihak, termasuk TNI dan mitra polri lainnya,” tutur Kapolda Sumbar, Irjen Pol.Toni Harmanto saat acara pengukuhan.

Kapolda yang didampingi Dirbinmas, Kadiv Propam, Kadiv Humas dan sejumlah pejabat di lingkungan Polda Sumbar melakukan pengukuhan secara langsung. Serta diikuti oleh Kapolres dan Forkopimda seluruh daerah yang dikukuhkan di wilayah IV.

“Ini pengukuhan yang kedua digelar ditingkat kabupaten/kota di Sumbar, sedangkan tingkat provinsi juga sudah dilakukan pada beberapa waktu lalu. Untuk daerah lainnya akan segera menyusul,” ujar Kapolda Sumbar.

Dengan demikian, Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan diharapkan mampu sebagai sebagai problem solving, untuk membantu memecahkan persoalan ditengah masyarakat sedini mungkin. “Membantu tugas Polri untuk menjaga Kamtibmas. Termasuk saat ini jelang Pilkada, silahkan pokdar bekerja secara nyata untuk berbuat ditengah masyarakat, terutama pada isu-isu yang muncul saat ini,” kata Irjen Pol.Toni Harmanto.

Pokdar Kamtibmas berfungsi sebagai menyelesaikan masalah, dengan cara yang baik atau “elok-elok sajo”. “Dengan mengedepankan kearifan lokal dan memakai pola rembuk atau musyawarah. Sehingga tidak semua persoalan yang harus berujung pada ranah hukum jika dideteksi sejak dini,” terang jendral bintang dua itu.

Pihaknya mengucapkan selamat atas pelantikan Pokdar Kamtibmas pada Kabupaten/kota. “Semoga kita bisa amanah. Terima kasih kepada kita semua yang telah mengorbankan pikiran dan jasa demi menjaga Kamtibmas melalui Pokdar ini,” tambahnya.

Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung, April Marsal didampingi Kasat Binmas Polres Sijunjung mengatakan, perlu adanya pembinaan lebih lanjut kepada pengurus sebelum turun ke masyarakat. “Setelah ini akan ada pelatihan dan pembinaan lebih lanjut. Artinya kita dibekali pemahaman terlebih dahulu sebelum turun ke masyarakat. Tentunya dengan cara yang sesuai dengan AD/ART Pokdar itu sendiri,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung, kehadirannya dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. “Terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal,” sambungnya. “Mari bersama-sama kita mencari solusi, menyelesaikan masalah yang muncul. Mencegah gangguan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sijunjung,” ujarnya.. (ndo)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional