Menu

Pengoperasian Hotel Sesuaikan Protokol Kesehatan

  Dibaca : 215 kali
Pengoperasian Hotel Sesuaikan Protokol Kesehatan
Maulana Yusran

JAKARTA, METRO
Di tengah jumlah kasus positif Covid-19 yang belum menunjukkan tren penurunan, berbagai sektor usaha sudah membuat protokol tatanan hidup baru. Mulai instansi pemerintah hingga berbagai sektor swasta. Salah satu bidang usaha yang berbenah adalah jasa perhotelan.

Hal itu disampaikan Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran, Sabtu (6/6). Dia menyebutkan, pada prinsipnya usaha hotel dan restoran sudah siap menerapkan konsep new normal yang mengacu pada protokol kesehatan.

Sebenarnya protokol disiapkan sejak Maret lalu, ketika mulai ada kasus positif Covid-19 di Indonesia. ’’Sekarang kami sudah mengeluarkan satu protokol baru, mendetailkan protokol yang pertama,’’ terangnya.

Ia menambahkan, protokol itu menjadi panduan bagi pemilik hotel dan restoran dalam menjalankan usahanya. Yang diatur kali pertama adalah internal karyawan. Kemudian, barang-barang yang masuk.

’’Kalau tamu-tamu yang mau masuk hotel itu, yang paling penting ada pengecekan suhu tubuh,’’ lanjut Maulana.

Ia menjelaskan, bahwa pihak hotel maupun restoran juga menyiapkan wastafel untuk mencuci tangan. Dalam pengoperasian hotel tentu juga ada perubahan. Misalnya, dalam hal membersihkan kamar. ’’Pasti kamar itu akan disterilkan, disemprot disinfektan. Itu sudah kewajiban,’’ tuturnya.

Dengan begitu terangnya, setiap tamu yang menginap mendapat jaminan bahwa kamarnya disterilkan sebelum ditempati. Termasuk di area publik seperti eskalator.

Mengenai aktivitas leisure di hotel, pihaknya masih mendiskusikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta Kemenkes. Misalnya, pola penyajian makanan secara buffet (prasmanan). Atau bagaimana nanti tamu hotel menggunakan gym dan spa, juga fasilitas-fasilitas leisure lainnya. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional