Close

Pengiriman Paket Barang ke Padang Naik

PAKET TIBA— Tumpukan paket-paket barang yang tiba di Kantor Pos Padang. Pengiriman paket barang ke Padang lewat Kantor Pos mengalami peningkatan. (milna miana/posmetro)

SUDIRMAN, METRO – Memasuki akhir Ramadhan, paket barang yang masuk ke Padang melalui layanan jasa pengiriman di Kantor Pos Kota Padang mengalami peningkatan. Sekitar sepekan menjelang lebaran, jumlahnya semakin meningkat. Namun sebaliknya, pengiriman keluar Kota Padang justru mengalami penurunan.

“Semua produk yang masuk antara tanggal 20 hingga 27 Mei atau dalam seminggu, mencapai 8.220 produk. Sedangkan pada periode 6 hingga 19 Mei atau dua minggu sebelumya, tercatat pengiriman masuk sebanyak 8.464 produk,” ungkap Kepala Kantor Pos Padang, Sartono, Senin (27/5).

Sartono menyebutkan, peningkatan jumlah paket masuk paling banyak berasal dari Pulau Jawa. Di luar itu, juga ada barang yang datang dari luar Pulau Jawa. Juga ada sebagian yang dikirimkan atau datang dari seluruh penjuru wilayah Indonesia.

“Untuk yang dari Pulau Jawa ke Padang, terjadi peningkatan. Biasanya mereka pelaku bisnis online. Barang yang datang sebagian besar berkaitan dengan lebaran. Kalau dari Padang dikirim ke Pulau Jawa, kami dalam sehari bisa melakukannya,” tambah Sartono.

Ia menjelaskan, dengan bertambahnya kiriman masuk dimaksud, kantor pos menyediakan armada pengiriman ekstra. Akan tetapi, armada regular tetap jalan. Namun karena banyak paket masuk yang harus dikirim ke masyarakat, pihaknya menambah armada ekstra.

“Jumlah armada ekstra yang beroperasi per hari berubah-ubah. Tergantung jumlah dan volume paket yang harus dikirim,” jelas Sartono.

Sementara itu barang yang tiba di Padang, sebut Sartono, akan dipilah lagi dan disortir kemudian setelah siap didistribusikan ke kecamatan. Menurut dia, banyak perantau yang bekerja di Pulau Jawa dan daerah luar Jawa, mereka mengirimkan paket ke keluarganya.

“Banyak barang online, karena banyak masyarakat yang membeli barang kebutuhan lebaran melalui situs jual beli daring (online),” ujar Sartono.

Untuk pengiriman produk keluar, Sartono menjelaskan, justru mengalami penurunan. Pengiriman ke luar Padang justru melonjak ketika awal Ramadhan. Dia menambahkan, pengiriman barang dan paket akan kembali normal 3 hari sebelum lebaran. Ini karena mereka sudah mengirimkan sebelum Ramadhan.

“Sepekan sebelum Ramadhan, pengiriman keluar Padang justru ramai. Hal itu terjadi karena masyarakat Padang banyak yang mengirim makanan untuk stok pada sanak di rantau. Misalnya, orang tua di Padang mengirim paket makanan untuk anaknya yang menjalani puasa di luar kota,” pungkasnya.

Salah seorang warga Padang, Laila mengatakan ia mengirimkan paket makanan kue kering melalui kantor pos. “Sebelum lebaran saya kirim paket makanan ke saudara di Jawa,” katanya. (mil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top