Menu

Penghuni Pergi, Komplotan Pencuri Rumah Beraksi, 4 Pelaku Ditangkap, Satu Dihadiahi Timah Panas di Daerah Padang

  Dibaca : 423 kali
Penghuni Pergi, Komplotan Pencuri Rumah Beraksi, 4 Pelaku Ditangkap, Satu Dihadiahi Timah Panas di Daerah Padang
PENCURI RUMAH— Empat pelaku komplotan pencuri rumah kosong ditangkap Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang dengan barang bukti tiga unit laptop.

PADANG, METRO–Empat orang yang ber­gabung dalam komplotan pencuri spesialis kupak rumah kosong dibekuk tim Klewang Satreskrim Pol­resta Padang, Senin (7/6) malam. Satu dari empat orang pelaku bahkan ha­rus dihadiahi timah panas po­lisi karena berusaha me­lawan saat akan di­tangkap.

Diketahui, keempat ter­sangka ini melakukan tin­dak pidana pencurian de­ngan pemberatan (curat) tersebut, Senin (31/5) yang lalu sekitar pukul 22.30 WIB dengan tempat kejadian perkara (TKP) sebuah ru­mah di komplek Andesa Permai, Blok F/7 RT 02 RW 03, Kelurahan Tabiang Ban­da Gadang, Kecamatan Nanggalo.

“Keempat tersangka ditangkap berdasarkan laporan polisi yang dibuat oleh korban Herfyna Asty. Korban melapor karena rumahnya telah dimasuki maling,” ujar Kasat­res­krim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda, Selasa (8/6).

Dikatakan oleh Rico, keempat tersangka yaitu Khoerun Ramadhan (19) warga Taruko, Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Furqon (21) war­ga Kampung Lereng Tabing, Kelurahan Tabing Banda Gadang, Keca­ma­tan Nanggalo, Beni Marten (40) warga Jalan purus IV Rusunawa, Kelurahan Pu­rus, Kecamatan Padang Barat, dan Mardioni (43) warga Jalan Belanti Barat I, Kelurahan Lolong Be­lanti, Kecamatan Padang Utara.

“Satu tersangka atas nama Khoerun Ramadhan terpaksa diberi tindakan  tegas dan terukur berupa tembakan di kaki kanannya karena berupaya melawan kepada petugas,” sebut Rico.

Dijelaskan Rico, aksi pencurian itu terjadi ketika pelapor dan keluarganya sedang tidak berada diru­mah. Ketika pelapor pulang ke rumah, dilihat barang-barang berserakan dan kemudian pelapor mela­kukan pengecekan di rumahnya tersebut.

“Setelah dicek, barang-barang milik pelapor yang hilang berupa dua unit televisi merk LG ukuran 50 Inchi warna hitam dan uku­ran 43 Inchi warna hitam, dua unit Laptop merk Le­novo warna putih dan merk Asus warna merah, satu unit Hp merk Samsung, satu unit jam tangan merk Alexandre Cristy warna silver dan uang tunai lebih kurang Rp 1 juta,” jelasnya.

Selanjutnya, pelapor mengecek keadaan sekitar rumahnya untuk me­mastikan dari mana para pelaku masuk untuk men­curi dan mengacak-ngacak isi rumahnya.

“Pelapor mengecek pin­tu bagian samping ru­mah dan menemukan da­lam keadaan rusak. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian lebih kurang Rp 15 juta dan mela­porkan kejadian tersebut ke Polresta Padang guna proses hukum lebih lanjut,” katanya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi perkara pen­curian dengan pembe­ra­tan. Setelah mendapatkan informasi tersebut, tim Klewang pun langsung me­nghimpun informasi terkait pelaku yang diduga keras telah melakukan pen­curian.

“Kemudian diketahui bahwa yang diduga keras telah melakukan tindak pidana pencurian tersebut adalah tersangka Khoerun Ramadhan. Setelah mem­peroleh informasi tersebut, Tim Klewang pun langsung mencari keberadaan dari pelaku, dan mengaman­kannya di tepi jalan yang beralamat di daerah Am­pang Kecamatan Kuranji Kota Padang,”ungkap Rico.

Setelah diamankan, Tim Klewang pun lang­sung melakukan pengem­ba­ngan. Namun, saat dila­kukan pengembangan ter­sangka mencoba melaku­kan perlawanan sehingga harus diberikan tindakan tegas terukur oleh pe­tugas.

“Selanjutnya, dari kete­rangan tersangka diketa­hui ia beraksi bersama tiga orang rekannya yang ber­hasil diamankan di kedia­mannya masing-masing. Barang bukti yang berhasil diamankan berupa tiga unit laptop, dompet, dan satu buah obeng,” tu­ tupnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional