Close

Penghuni Lapas Biaro Jalani Tes HIV

PENGECEKAN— Pemko Bukittinggi melakukan pengecekan kesehatan kepada puluhan warga binaan Lapas Biaro melalui VCT Mobile.

BUKITTINGGI, METRO–Pemko Bukittinggi me­laksanakan pengecekan ke­se­hatan kepada puluhan warga binaan Lapas Bukit­ting­gi di Biaro melalui Voluntary Counselling and Testing (VCT) Mobile. Tes Mobile VCT pada warga binaan dilakukan oleh Dinkes Kota Bu­kittinggi dan Yayasan Akbar Sumbar untuk menemukan pasien rentan terkena HIV dan penyakit lainnya, Kamis.

Kalapas Bukittinggi di Biaro, Marten menyebutkan, sebanyak 80 warga binaan di Lapas Kelas II A Bukittinggi diperiksa oleh tim medis untuk antisipasi penderita HIV Aids dan lainnya. “Mobile VCT adalah kegiatan penemuan penderita HIV, AIDS, IMS, TB Paru secara mobile oleh Dinkes yang menyasar kelompok beresiko,” kata Marten.

Kegiatan ini dilaksanakan lima orang tenaga dari Dinas Kesehatan dan lima orang dari yayasan Akbar Sumbar dengan rincian dua tenaga labor, tiga tenaga konselor dan lima orang tenaga Yayasan Akbar Sumbar serta dibantu tiga orang tenaga kesehatan Lapas Bukittinggi. ”Rangkaian kegiatan berupa pe­nyuluhan tentang HIV dan TB Paru, selanjutnya diikuti dengan skrining faktor risiko, tes HIV IMS dan edukasi atau konseling perorangan,” kata Marten.

Ia mengatakan, peserta merupakan tahanan baru dan WBP lama yang mempunyai faktor risiko dimana sebelumnya sudah diseleksi oleh tim medis Lapas Bukittinggi. Kegiatan berlangsung di aula Lapas Kelas IIA Bukittinggi dengan menerapkan protokol kesehatan.  ”Hasilnya, semua WBP Negatif, kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar,” kata Marten.

Setelah pemeriksaan, WBP diberikan penyuluhan oleh Tim Mobile VCT Mengenai faktor faktor resiko penyebab dan penanggulangan untuk kasus HIV dan lainnya. Sebelumnya, Lapas Bukittinggi juga telah mela­kukan pemeriksaan yang sama terhadap 70 WBP pa­da awal Juni 2022. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top