Menu

Pengerjaan Sentra Rendang Kota Padang Sudah 26 Persen

  Dibaca : 105 kali
Pengerjaan Sentra Rendang Kota Padang Sudah 26 Persen
Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau pembangunan Sentra Rendang yang berlokasi di kawasan Lubuk Buaya, Kelurahan Lubuk Buaya atau tepatnya belakang Kantor Camat Koto Tangah itu, Kamis (5/81).

PADANG, METRO–Sebagai ibukota Pro­vinsi Sumatera Barat (Sum­bar), Kota Padang tak lama lagi bakal memiliki sebuah pusat penjualan masakan rendang atau Sentra Ren­dang. Tak tanggung-tang­gung, sentra Rendang ter­sebut dibangun di atas lahan tanah seluas 5.112 m2.

Sejak dimulainya pele­takan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan fisik per 25 Mei 2021 lalu, kini proses pengerjaannya pun sudah berjalan 26 per­sen.

Hal itu terungkap saat Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau pemba­ngunan Sentra Rendang yang berlokasi di kawasan Lubuk Buaya, Kelurahan Lubuk Buaya atau tepat­nya belakang Kantor Ca­mat Koto Tangah itu, Kamis (5/8/2021).

Wali kota mengatakan, atas nama Pemerintah Ko­ta Padang dan warga Kota Padang sangat bersyukur dan menyambut baik atas bakal hadirnya Sentra Ren­dang Kota Padang terse­but. Hal ini juga termasuk mendukung salah satu misi Kota Padang yakni Mewu­judkan Kota Padang Seba­gai Pusat Perdagangan dan Ekonomi Kreatif.

Pembangunan sentra rendang ini adalah sebuah doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Karena sudah lama kita menunggu sejak 2015 lalu, akhirnya pem­bangunannya terlaksana berkat bantuan dana alo­kasi khusus (DAK) Ke­men­terian Perindustrian. Al­ham­dulillah hari ini pro­gresnya sudah berjalan 26 persen, cetus wako di sela peninjauan.

Kita berharap tempat ini tidak saja menjadi tem­pat pelatihan, pengem­bangan dan pemasaran buat seluruh industri kecil menengah (IKM) yang ber­hu­bungan dengan ren­dang, namun juga bisa dijadikan sebagai pusat ‘tourism attraction’ di Kota Padang, sambungnya.

Begitu juga tambah orang nomor satu di Kota Padang itu, sentra rendang ini tentunya juga diharap­kan bisa menjadi pusat penelitian, pengembangan dan pembelajaran terkait rendang bagi generasi mu­da.

Jadi insya Allah, nanti akan ada pengolahan dan inovasi-inovasi baru dalam penyajian masakan ren­dang di sentra rendang ini. Karena memang rendang termasuk dari salah satu jenis makanan terlezat yang sudah mendunia, tambah wali kota milenial itu.

Menurut Wako Hendri lagi, hadirnya sentra ren­dang ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Padang dalam mening­katkan sektor perdaga­ngan dan pariwisata di Kota Padang atau Sumbar pada umumnya.

Pengerjaan Sentra Ren­dang Kota Padang ini me­makan total anggaran se­besar Rp21 miliar dari DAK bantuan Kementerian Pe­rin­dustrian. Target penye­lesaiannya paling lama akhir Desember 2021. Un­tuk itu mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak, semoga pengerjaan­nya berjalan lancar dan sukses. Ini semua demi kemajuan dan kesejah­teraan warga Kota Pa­dang yang kita cintai hingga masa-masa mendatang, pungkas wako meng­akhi­ri.

Kepala Disnakerin Kota Padang Suardi pada saat yang sama menyebutkan, maksud dari hadirnya Sen­tra Rendang Kota Padang ini sejatinya adalah mem­fasilitasi para pelaku in­dustri rendang Kota Pa­dang untuk melakukan ke­giatan di tempat produksi yang khusus. Selain itu guna memenuhi prinsip cara produksi pangan ola­han yang baik bertaraf internasional. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional