Menu

Pengerjaan Pasar Inpres IV Dikebut

  Dibaca : 1357 kali
Pengerjaan Pasar Inpres IV Dikebut
KONFERENSI PERS— Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Anwarudin Sulistiyono saat konferensi pers terkait penyidikan kasus penyimpangan pembayaran ganti rugi lahan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin.

Pasar Inpres II terbengkalai web

PASAR RAYA, METRO–Pasar Inpres IV Pasar Raya Padang telah dimulai pengerjaannya dengan anggaran sebesar Rp7,5 miliar dan ditargetkan akan selesai selama 140 hari. Nantinya, pasar tersebut rencananya akan ditempati pedagang ikan dan daging dengan dua lantai. Namun, sejumlah permasalahan kembali timbul, mulai dari tidak adanya keinginan para pedagang untuk pindah atau permasalahan jalan.

Kepala Dinas Pasar Endrizal mengatakan, pembangunan pasar tetap dilakukan. Pedagang yang menempati Inpres IV yakni, pedagang penggilingan bakso, pedagang campuran gudang dan barang-barang P&D berkemungkinan akan tukar guling dengan pedagang Inpres II untuk mengkondisikan kondisi yang ada sekarang.

”Jika dilihat dari kondisinya, yang cocok menempati Pasar Inpres IV adalah pedagang ikan dan daging. Namun, lihat saja nanti bagaimana kondisi akhir,” ujarnya.

Menurut Endrizal, untuk mengatasi permasalahan tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan pendekatan persuasif kepada para pedagang. Ditambah lagi dengan adanya sosialisasi tentang azas manfaat yang akan didapatkan para pedagang nanti dan dibandingkan dengan kondisi yang terjadi sekarang.

”Di kawasan tempat pedagang sekarang ini sudahlah becek dan orang juga malas belanja. Jika sudah diatas, para pedagang tidak akan menemukan permasalahan itu lagi,” ujarnya.

Disebutnya, setelah para pedagang bersedia untuk pindah ke Inpres IV, lokasi lama tersebut akan dijadikan jalur untuk mobil dan memudahkan para pembeli. Pihaknya memastikan tidak akan ada pedagang yang digusur.

”Untuk mengatasi permasalahan ini, kita sudah mempertemukan para ketua pedagang. Kita menawarkan fasilitas lengkap untuk mereka. Sejauh ini, Inpres IV tersebut sudah bisa ditempati oleh 64 kios pedagang,” paparnya.

Intinya, pedagang Pasar Inpres IV yang terpisah-pisah di seluruh Pasar Raya, termasuk pasar pembantu karena keterbatasan tempat, akan dikumpulkan kembali. Selain itu, Pemko juga bergerak cepat untuk penyelesaian pembangunan Pasar Inpres II, IV dan Pasar Lubukbuaya.

Sementara itu, Endrizal juga mengatakan, untuk pembangunan semua pasar diperlukan Rp170 miliar dengan rincian untuk Inpres III dan Inpres IV dibutuhkan Rp56 miliar. Sedangkan, saat ini baru tersedia Rp7 miliar dan masih mencari sisanya lagi Rp48,5 miliar. (age)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional