Close

Pengembangan Koperasi Syariah, Mendorong Sektor UMKM Lebih Maju dan Berkembang di Kota Solok

WORKSHOP KOPERASI SYARIAH— Wako Solok Zul Elfian foto menghadiri workshop koperasi Syariah untuk kemajuan UMKM lebih berkembang.

SOLOK, METRO–Percepatan pengembangan Koperasi Syariah, sejalan dengan berlakunya Undang-Undang (UU) No.11/2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) No.7/2021 tentang Kemudahan, Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi dan UMKM. Tujuannya, untuk mendorong koperasi dan UMKM lebih maju dan berkembang.

Upaya tersebut salah satunya melalui peningkatan usaha ko­perasi yang melaksanakan prinsip syariah dengan usaha yang berdasarkan kesamaan usaha, potensi dan kebutuhan anggota dan ma­syarakat di bidang industri, perdagangan, jasa, serta bidang usaha lain.

Wali Kota Solok Zul Elfian ketika menghadiri pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas Usaha Simpan Pinjam Koperasi Pola Syariah menilai bentuk usaha ekonomi ini perlu dikembangkan di Kota Solok. Dalam kegiatan itu sekaligus penyerahan bantuan hibah sarana dan prasarana kumputer, Printer dan UPS bagi 11 ko­perasi.

Bentuk percepatan pengembangan koperasi syariah yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan dan sertifikasi Devian Pengawas Syariah diharapkan lebih mendo­rong tumbuhnya  koperasi syariah. Melalui Workshop Peningkatan Kapasitas Usaha Koperasi Syarah, kemampuan mengelola koperasi diharapkan lebih profesional.

Selain itu dalam upaya mendorong berkembanganya koperasi syariah, peningkatan penerapan digitalisas koperasi syariah juga dilakukan. Wali Kota Solok Zul Elfian selepas menerima simbolis bantuan, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas keseriusan pemerintah provinsi dalam mendukung kabupaten  dan kota dalam menghidupkan Koperasi Syariah.

Insyaa Allah bantuan ini akan diserahkan kepada koperasi yang memang telah lulus verifikasi Dinas Koperasi Provinsi Sumbar, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pengembangan koperasi kedepannya,” harap Zul Elfian. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top