Close

Pengembangan Agrowisata Payo Terus Didorong

SOLOK, METRO–Pengembangan destinasi Agrowisata Payo terus didorong agar ber­kem­bang. Bahkan, Balitbang Pemko Solok bersama Tim ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (U­nand) Padang menggelar seminar desiminasi kelitbangan atas “Kajian Sis­tem Transportasi Pendu­kung Pengembangan Ka­wa­san Agrowisata Payo Kota Solok”.

Ketua Komisi II DPRD Kota Solok Yoserizal menilai kawasan agrowisata Payo yang berada di Kelurahan Tanah Garam telah jauh berkembang hingga seka­rang. Sebelumnya da­erah Pa­yo bisa dikatakan sangatlah ketinggalan dan bisa di­katakan tidak terlalu tersentuh oleh pemba­ngunan.

Saat ini daerah Payo sudah mulai berkembang dimana telah dikembangkan kawasan agrowisata di Batu Patah Payo. Sudah banyak dana APBD yang disalurkan untuk pemba­ngunan yang manfaatnya dapat dinikmati oleh ma­syarakat yang tinggal di dae­rah Payo pada umumnya.

Semenjak kawasan Agro­wisata Batu Patah Payo dibuka untuk umum, daerah ini sudah mulai dikenal tidak hanya oleh masyarakat Kota Solok dan sekitarnya tetapi juga dik­unjungi wisatawan yang berasal dari luar Sumbar.

Sayangnya lanjut Yo­serizal seiring dengan dibukanya kawasan Agrowisata Batu Patah Payo dan mulai dikenal hingga luar Sumatera Barat, jalur me­nuju Payo mulai terasa sesak dan hal ini akan me­nimbulkan ketidaknyama­nan pengunjung untuk ber­kunjung ke Payo.

DPRD menurutnya me­nyambut baik terlaksana­nya seminar desiminasi kelitbangan atas “Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo Kota Solok” ini. Kajian ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas sistem transportasi yang memadai dalam mendukung program pe­ngembangan Agrowisata Payo Kota Solok.

”Kami berharap hasil rekomendasi yang dihasilkan dari kajian yang dilakukan oleh Balitbang Kota Solok dapat ditindaklanjuti oleh OPD terkait dalam sebuah rencana aksi yang selanjutnya dituangkan dalam program/kegiatan,” harapnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top