Menu

Pengelolaan Pasar jadi Perhatian Serius Pemko

  Dibaca : 286 kali
Pengelolaan Pasar jadi Perhatian Serius Pemko
Ketika mengunjungi pasar

Wakil Walikota Solok Reinier mendengarkan aspirasi dari para pedagang yang ada di Pasar Raya Solok. Para pedagang menyayangkan lambatnya perbaikan pasar dan saat ini pasar dipenuhi oleh sampah serta sumpek dan semberawut.

PENGELOLAAN Pasar Raya Solok sepertinya menjadi perhatian serius Wakil Walikota Solok yang baru. Setelah menggelar beberapa kali rapat koordinasi dengan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Wakil Walikota Reinier mendatangi kawasan Pasar Raya Solok untuk melihat kondisi pasar yang selama ini selalu dikeluhkan pengunjung.

Diakui Reinier, untuk mewujudkan kawasan pasar yang nyaman dan aman bagi pedagang dan pengunjung perlu dilakukan pembenahan. Ketika berdialog langsung dengan para pedagang, Reinier sepertinya ingin mengetahui lebih banyak atas persoalan Pasar Raya Solok.

”Harus ada langkah-langkah pembenahan yang harus dilakukan. Dan agar pembenahan yang akan dilakukan lebih tepat sasaran, sangat diperlukan kajian serta mencari akar persoalan. Untuk itu masukan dari para pedagang atas kondisi pasar juga perlu,” ujarnya.

Didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Solok, Reinier berjalan dari ujung Pasar Raya Solok dengan melewati lorong pasar yang memang terkesan sumpek dan kotor. Setiap kali menyapa pedagang, Reinier pun seakan mendapat pesan langsung dari pedagang agar kondisi Pasar Raya Solok ýbenar-benar menjadi perhatian serius Pemko Solok.

Selaku Wakil Walikota Solok, mendatangi Pasar Raya Solok merupakan pertama kali bagi dirinya setelah dilantik. Dan kondisi tersebut, sangat wajar kalau para pedagang pun sangat berharap agar kondisi Pasar Raya Solok untuk diperhatikan.

Menurut Reinier, tidak saja penataan para pedagang yang dibutuhkan, namun penataan terhadap parkir kendaraan di kawasan ini juga perlu dibenahi. Sebagai pasar penghasil pendapatan daerah bagi Kota Solok, seharusnya Pasar Raya lebih dikelola dan ditata lebih baik.

Sebab, untuk saat ini kawasan Pasar Raya Solok masih memiliki arti penting bagi masyarakat daerah sekitar Kota Solok sebagai pusat perekonomian masyarakat. Dan dari dulupun Pasar Raya Solok bagi masyarakat daerah sekitar merupakan tempat menjual hasil bumi sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan.

Dan selama ini Kota Solok selalu menggadang-gadangkan letaknya yang strategis. Dan selama ini Pasar Raya Solok merupakan pasar yang cukup besar dan lengkap bagi daerah sekitarnya. Bahkan, ada wacana Pasar Raya Solok akan dijadikan sebagai pasar tujuan selain daerah Bukit Tinggi dan Padang.ý Tentu dengan menciptakan kawasan pasar yang benar-benar layak untuk dikunjungi dan bukan karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebetulnya cukup lama rencana Pemko Solok menjadikan Pasar Raya Solok sebagai pasar dengan konsep wisata selain sebagai pusat perputaran ekonomi masyarakat. Namun sejauh ini kesan sumpek, kotor dan becek masih sulit dibuang dari kondisi Pasar Raya Solok.

Dari tahun ke tahun meski pimpinan daerah silih bergantiý duduk di Balai Kota, persoalan yang selalu dikeluhkan dikawasan Pasar Raya Solok tetap saja sama. Dan harapan masyarakatpun sama setiap kali terjadinya pergantian Walikota Solok yakni kebijakan dan keberanian untuk menata dan membenahi Pasar Raya Solok agar menjadi pasar yang nyaman dan aman untuk dikunjungi.

Dan kini masyarakat selaku pengunjung dan pedagang kembali berharap akan kepemimpinan Walikota Solok yang baru ini benar-benar dapat menata dan membenahi kawasan Pasar Raya Solok seperti yang diinginkan bersama. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!