Close

Pengawasan Pilkada, Bawaslu Limapuluh Kota Ajukan Dana Rp21, 2 M

Yoriza Asra Ketua Bawaslu Kabupaten Lima Puluh Kota

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bawaslu  Kabupaten Limapuluh Kota mengajukan anggaran Pengawa­san Pemilu Serentak 2024 senilai Rp21,2 Miliar  kepada Pemerintah Dae­rah. Jumlah tersebut naik jika dibandingkan dengan Pe­milu 2020 lalu.  Saat Pilkada tahun 2020 dilaksanakan dimasa Pandemi Co­vid-19, sehingga ba­nyak pembatasan dan ke­giatan yang dilakukan secara daring/virtual, saat itu dana yang disetujui Pemerintah Daerah mencapai Rp10,9 Miliar . Kini dengan terus membaik­nya Pandemi, dan tidak terjadi lagi penambahan kasus Positif Covid-19, Bawaslu merencanakan me­laksanakan pengawasan Pemilu Serentak 2024 da­lam kondisi normal.

“Kita mengajukan da­na pengawasan Pemilu serentak 2024 mencapai 21,2 M kepada Pemerintah Daerah, kita berharap dapat disetujui, sebab kita merencanakan Pengawasan Pilkada tidak lagi di masa Pandemi,” sebut Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra, baru-baru ini.

Ia juga menambahkan, dana yang diajukan diharapkan bisa disetujui oleh Pemerintah Daerah agar pengawasan yang dilakukan Bawaslu bisa maksimal, sebab selama ini meski pengawasan su­dah terbangun dengan baik, namun kedepannya masih perlu ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.  “Selama ini pengawasan partisipatif yang dilakukan oleh masyarakat sudah terbangun dengan baik, namun kedepannya ma­sih perlu upaya-upaya pengembangan lebih baik lagi. Yang perlu ditingkatkan adalah kesadaran bahwa Pemilu adalah mi­lik bersama,” ujar Yori panggilan Yoriza Asra.

Pengajuan dana Pe­ngawasan Pemilu Serentak tahun 2024 tersebut telah diajukan Bawaslu ke Pemerintah Daerah melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bulan Mei lalu.  Untuk terus meningkatkan partisipatif masyarakat dalam melakukan pengawasan, Bawaslu terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, kerjasama dengan lembaga, kampus , kelompok masyarakat dalam me­nyamakan pemahaman bahwa semua bertanggung jawab menjaga kua­litas Pemilu. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top