Close

Pengawasan Penyiaran Iklan Obatan dan Makanan, KPID Sumbar MoU dengan BBPOM

Kerja Sama--KPID Sumbar melakukan kerjasama dengan BBPOM guna memperkuat pengawasan terhadap konten penyiaran atau pun iklan terkait obatan-obatan dan makanan, Rabu (13/10).

PADANG, METRO–Guna memperkuat pe­ngawasan terhadap konten penyiaran atau pun iklan terkait obatan-obatan dan makanan, Komisi Penyiaran Informasi Daerah (K­PID) Sumatera Barat (Sumbar) bersama dengan Ba­lai Besar Pengawasan O­bat dan Makanan (BBPOM) melaksanakan MoU Rabu (13/10).

Dalam acara yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach Padang tersebut, Ketua KPID Sumbar, Afriendi Sikumbang me­ngatakan, pihaknya sejak awal berusaha berperan mempercepat langkah pe­nanggulangan Covid-19.

“Kerja sama ini diha­rapkan bisa memaksimalkan pengawasan penyiaran tentang obat dan makanan,” kata Afriendi.

Ia mengatakan, kerja sama tersebut akan sangat membantu pengawasan yang dilakukan oleh KPID, karena yang mengetahui soal obat-obatan dan makanan adalah BBPOM. Dimisalkan ada suatu iklan obatan-obatan yang ta­yang di lembaga penyiaran, kemudian mengaku khasiat yang berlebih-lebihan, dibuat-buat, atau tidak benar.

“Untuk masalah seperti itu tentu BBPOM yang mengetahui dan bisa me­ngidentifikasi kebenaran konten tersebut, termasuk soal perizinan produk” jelasnya.

Kepala BBPOM Padang Firdaus Umar yang hadir langsung dalam penandatanganan kerja sama itu mengharapkan hasil terbaik demi peningkatan ku­alitas penyiaran yang berkaitan dengan kegiatan BBPOM.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal yang menyempatkan hadir dalam kegiatan ter­sebut mengatakan, dengan melibatkannya BBPOM dan perguruan tinggi, ini suatu apresiasi dan kemajuan luar biasa untuk KPID. Dirinya berharap kedepannya, KPID memiliki road map yang jelas.

“Jika perlu kita diskusikan bersama apa maunya KPID kedepannya, apa sasarannya, dengan road map itu nantinya jelas sa­saran, dan tujuannya. Kita pemerintah daerah, siap akan membantu KPID da­lam pembuatan road map ini baik nantinya dengan DPRD dengan anggarannya dan lain sema­cam­nya,”kata Jasman.

Jasman juga me­ng­ingin­­kan KPID sebagai mitra yang bertindak sejajar de­ngan pemerintahan betul-betul melaksanakan tugasnya, jangan ada halangan, karena KPID sumbar ini termasuk terbaik diban­dingkan daerah lain walaupun dengan peralatannya yang kurang.

“Sinergitas antara pemerintah dan KPID ini sa­ngat diperlukan dan juga tanggunggungjawab kita bersama apalagi ditengah masa pandemi kita sangat butuh KPID mengawasi semua perjalanan media. Makanya, kita berharap bagaiamana sinergitas khusus antara KPID dan media-media, untuk keberlangsungan kita KPID le­bih baik kedepannya, dan pandemi di Sumbar semakin berkurang,”imbuhnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top