Menu

Pengawas Pendidikan harus Profesional

  Dibaca : 64 kali
Pengawas Pendidikan harus Profesional
FOTO BERSAMA—Wakil Wali Kota Pariaman H Mardison Mahyuddin foto bersama dengan para pengawas sekolah (efa nuirza/posmetro)

PARIAMAN, METRO – Wakil Wali Kota Pariaman H Mardison Mahyuddin menyatakan pengawas pendidikan harus profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi demi mutu pendidikan di Kota Pariaman.

“Pendidikan itu sangat penting sekali dan pendidikan adalah sumber dan kunci dari kesuksesan serta majunya sebuah kota,” kata Mardison Mahyuddin saat membuka kegiatan workshop pengawas TK, SD, SMP tingkat Kota Pariaman, kemarin.

Mardison Mahyuddin menambahkan pengawas mempunyai peranan penting dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan tanggung jawab pengawas harus dapat mengawasi seluruh proses pendidikan yang benar.

“Kedepannya kita harus siap menghadapi tantangan-tantangan terkait dunia pendidikan oleh karena itu diharapkan para pengawas dapat mengawasi seluruh proses pendidikan demi kualitas dan mutu pendidikan kita di Kota Pariaman,” ujarnya.

Disamping itu, Kanderi Kadis Dikpora Kota Pariaman mengatakan kegiatan Workshop ini dilaksanakan dengan pemateri lebaga jaringan mutu pendidikan Provinsi Sumatra Barat.

“Workshop ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman di dunia pendidikan dan sasaran nya adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengawasi pendidikan di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Senada dengan Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin, Kanderi juga menegaskan kepada para pengawas yang sejatinya para pengawas sudah memiliki legalitas seperti sertifikat dan telah mengikuti diklat tentunya harus dapat mengikuti perkembangan zaman terkait dunia pendidikan sehingga kota Pariaman tidak ketinggalan dalam proses mutu pendidikan.

“Dengan masih kurang nya pengawas di Kota Pariaman,tidak lah menjadi keluhan kita bersama dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan dan saya sangat apresiasi kepada pengawas yanga telah menjalan kan tugas dan fungsi dengan baik,” ujarnya.

Kabid Dikdas Disdikpora Kota Pariaman Yurnal menambahkan dengan masih minim nya pengawas untuk TK,SD,SMP maka kedepannya kita kan merekrut pengawas sesuai dengan aturan permendikbud yang berlaku.

“Saat ini kita baru memiliki 1(satu) orang pengawas TK dari 80 an TK di Kota Pariaman, kurang 7 orang pengawas. Pengawas SD berjumlah 5(lima) orang pengawas dari 76 SD masih kurang 2(dua) orang pengawas dan 6(enam) orang Pengawas SMP yang mana seharusnya untuk pengawas SMP kita harus memiliki pengawas per mata pelajaran, minimal kita memiliki 10 orang pengawas SMP,” tambahnya.

Yurnal menyampaikan bahwa tujuan workshop ini untuk penguatan pengawasan dan meningkatkan profesionalitas pengawas. Sehingga pengawas nantinya sampai ke sekolah dapat melaksanakan supervisi dan pengawasan pendidikan dengan baik.

“Semoga dengan workshop ini bisa meningkatkan manajerial guru dan pengawasan akademik sehingga pendidikan di Kota Pariaman lebih maju kedepannya,” tandas mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional