Close

Pengasuhan dan Pemenuhan Hak Anak, DPMPPA Kota Solok Akui Peranan Keluarga sangat Penting

KEGIATAN—Puluhan peserta sosialisasi pengasuhan dan pemenuhan hak anak yang digelar oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Solok.

SOLOK, METRO–Peran keluarga dalam pengasuhan dan pemenuhan hak anak sangat penting. Peran keluarga pun sangat strategi dalam rangka mewujudkan Kota Solok sebagai Kota Layak Anak. Untuk memaksimalkan peran keluarga tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) menyelenggarakan sosialisasi peran keluarga dalam pengasuhan dan pemenuhan hak anak.

Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Data dan Informasi, Jufni mengatakan peserta dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari Masyarakat/ Orang tua pada Kampung KB Kelurahan Simpang Rumbio Kota Solok. Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kembali pemahaman orang tua tentang pengasuhan anak dan pemenuhan hak anak .

Selain itu Jufni mengaku,  bagaimana mengatasi problematika terkait pengasuhan anak dan pemenuhan hak anak. Salah satu rekomendasi yang di hasilkan dari komitmen bersama dari Rakornas PPPA lanjutnya peningkatan kualitas pengasuhan anak baik dalam keluarga, keluarga pengganti, maupun institusi (lembaga pengasuhan alternatif) berbasis hak anak.

“Salah satu hak anak yang penting adalah hak pengasuhan. Hak pengasuhan anak harus dipenuhi dan dijamin dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Setiap orang tua diharapkan memahami dan dapat memenuhi hak pengasuhan anak untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal,” ujarnya.

Disebutkan, pengasuhan anak adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan. Kedekatanl antara orang tua dan anak tidak hanya karena kedekatan secara fisik saja,. Akan tetapi diperlukan juga kedekatan secara emosional yang membuat anak merasa percaya, disayangi, dipenuhi kebutuhannya, diperhatikan dan dihargai.

Banyak orang tua pada masa sekarang ini sibuk dengan pekerjaan dan aktifitas masing-masing, bahkan saat mereka berada di rumah, tanpa disadari mereka kehilangan kesempatan untuk membangun kelekatan dengan anak, sehingga walaupun secara fisik mereka dekat, namun secara emosi mereka jauh.

“Sehubungan dengan hal tersebut melalui Sosialisasi Peran Keluarga dalam Pengasuhan dan Pemenuhan Hak Anak hari ini diharapkan dapat meningkatkan kembali pemahaman orang tua tentang pengasuhan dan pemenuhan hak anak dan bagaimana mengatasi problematika terkait pengasuhan anak,” harapnya

Sementara Vinola Maretha Roeza, Psikolog PUSPAGA Bareh Solok dalam kegiatan itu memamparkan tentang pengasuhan positif dalam pembentukan karakter anak dan tantangan menjadi orang tua dalam era digital.

“Pengasuhan positif berdasarkan kasih sayang, saling menghargai, memba­ngun hubungan yang hangat antara orangtua dan anak serta menstimulasi tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Pengasuhan positif menggunakan pendekatan dengan mengedepankan penghargaan, pemenuhan dan perlindungan hak anak juga mengedepankan kepentingan terbaik anak serta upaya untuk mem­berikan lingkungan yang bersahabat dan ramah sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top