Menu

Pengangguran masih Tinggi Akibat Pandemi, Perusahaan Diminta Pekerjakan lagi Karyawan yang Dirumahkan

  Dibaca : 66 kali
Pengangguran masih Tinggi Akibat Pandemi, Perusahaan Diminta Pekerjakan lagi Karyawan yang Dirumahkan
Setahun lebih pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perusahaan yang merumahkan karyawan atau pekerja mereka. Hal itu diambil karena kepala daerah menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas sosial masyarakat yang berimbas terhadap kegiatan ekonomi yang nyaris terhenti total.

RASUNA SAID, METRO–tahun lebih pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perusahaan yang merumahkan karyawan atau pekerja mereka. Hal itu diambil karena kepala daerah menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas sosial masyarakat yang berimbas terhadap kegiatan ekonomi yang nyaris terhenti total. Akibatnya angka pengangguran melonjak tinggi.

Setahun berlalu, angka pengangguran hingga kini masih tinggi di Kota Padang. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang mengimbau pihak  perusahaan yang sudah mulai stabil usa­hanya diharapkan untuk memanggil dan mempe­ker­jakan kembali tenaga kerja mereka yang sempat dirumahkan.

“Banyak pekerja yang kemudian harus diru­mah­kan oleh pihak peru­sa­haan. Selain karena ada pem­batasan jumlah pe­kerja yang bisa beraktivitas di kantor ataupun pabrik, hal itu juga terjadi karena permintaan atau konsumsi domestik mengalami penu­runan. Dampaknya, penda­patan masyarakat pun me­nga­lami pengu­rangan,” ungkap Suadi, Jumat (11/6).

Menurut Suadi untuk saat ini, kegiatan ekonomi sudah kembali normal. Untuk itu, pihak peru­sa­haan pun bisa memper­kerjakan kembali karya­wan mereka.”Kita ber­ha­rap dan sekaligus meng­imbau pada pihak peru­sahaan. Bagi yang usa­hanya kembali stabil, to­long pekerjakan lagi pe­kerja yang dulu dirumah­kan,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah pencari kerja di Kota Padang sebanyak 7.000­ lebih. Selain itu ada pula korban PHK  sebanyak 1.182, yang dirumahkan sebanyak 3.736.

Mereka yang dirumah­kan, sebagian besar belum dipanggil lagi. “Pihak peru­sahaan diharapkan mem­prioritaskan dulu pekerja yang sempat dirumahkan. Sementara jika ada pe­luang lagi, diharapkan pe­rusahaan juga membuka lowongan baru,” ulas Sua­di.

Saat ini data Dinas Te­na­ga Kerja dan Perin­dus­trian Kota Padang, jumlah perusahaan di Padang ada­lah  3.278 perusahaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 125 merupakan perusa­haan besar, 165 kategori menengah 2129 kategori sedang dan 859 skala kecil.

Skala besar memiliki karyawan 100 orang lebih, skala menengah berjumlah 50-99 orang, skala sedang 10-49 orang dan skala kecil 1-9 orang. Sementara itu, jumlah tenaga kerja dari semua perusahaan itu ada­lah sebanyak  95.509 pe­kerja. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional