Close

Pengamat : Segera Tuntaskan Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi KONI Padang

Prof Elwi Danil, Pengamat Hukum Unand.

PADANG, METRO–Pengamat hukum Universitas Andalas Prof Elwi Danil menilai Kejaksaan Negeri (Kejari) Pa­dang  harus segera menuntaskan penyidikan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Padang tahun ang­garan 2018-2020 agar tidak menjadi tanda tanya dimasyarakat.

“Masyarakat tentunya berharap agar pe­nanganan perkara (dugaan korupsi) dana KONI ini bisa segera dituntaskan pihak kejaksaan yang saat ini telah masuk tahap penyidikan,” kata Prof Elwi Danil Jumat (10/12).

Guru Besar Fakultas Hukum Unand itu menambahkan, jika hasil audit kerugian keuangan negara telah keluar dan alat bukti telah mencukupi, maka Kejari Padang harus segera menetapkan tersangka.

“Supaya penanganan kasus ini tidak berlama-lama. Cukup bukti segera tetapkan tersangka, limpahkan ke pengadilan. Namun jika tidak cukup bukti, hentikan penyidikan,” sebut Elwi Danil.

Sementara itu, terpisah, Kasi Pidana Khusus Kejari Padang Therry Gutama mengatakan, proses penyidikan kasus dugaan korupsi dana hibah KONI Padang tahun anggaran 2018-2020 ini terus berjalan hingga saat ini.

Dia menambahkan, Kejari Padang telah melayangkan surat permintaan penghitungan kerugian keuangan negara kepada lembaga auditor pekan lalu.

“Jadi saat ini kita masih menunggu. Kapan selesainya tergantung Tim Auditor. Kami minta masyarakat bersabar, karena perlu kehati-hatian untuk menangani perkara korupsi ini,” tandas Therry. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top