Menu

Pengamanan Pilkada 2020, Lantamal II Kerahkan 350 Prajurit Terlatih

  Dibaca : 111 kali
Pengamanan Pilkada 2020, Lantamal II Kerahkan 350 Prajurit Terlatih
ARAHAN—Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso saat memberikan arahan kepada prajuritnya sewaktu waktu siap dikerahkan untuk pengamanan Pilkada 2020.

PADANG, METRO
Tugas TNI sesuai Undang Undang TNI No 34 tahun 2004, sebagai pertahanan negara sesuai dengan masing masing Matra dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Pada tugas OMSP Lantamal II perlu menyiapkan prajurit terbaiknya untuk disiapkan dalam pengamanan Pilkada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang sewaktu waktu diminta bantuan oleh Polri.

Untuk pengamanan Pilkada 2020 ini, Lantamal II akan mengerahkan prajurit terlatih sebanyak 350 orang. Mereka memiliki skil di bidang masing masing.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso membuka Latihan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Sumbar (Latpam Pilkada Sumbar) pada tahun 2020 yang akan dilaksanakan serentak tanggal 9 Desember 2020 ini.

Bertempat di Gedung Serba Guna Nanggala Markas Komando (Mako) Lantamal II Jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang dilaksanakan Upacara pembukaan Latpam Pilkada oleh Danlantamal. Di hadiri oleh Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi, Pejabat Utama, Kasatker, Personil Lantamal dan Personil Yonmarhanlan II. Pada pembukaan Latpam Pilkada ini bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi.S.E. yang sehari hari menjabat Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal II. Kamis (12/11).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Latpam Pilkada, Danlantamal menekankan kepada seluruh peserta latihan agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan, mengingat kondisi saat ini masih belum bebas dari ancaman Covid-19. Jangan sampai secara tidak kita sadari menjadi penyebar pada pandemi Covid-19 ini, oleh karena itu selama latihan harus selalu gunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan air mengalir serta menggunakan sabun.

Lebih lanjut Danlantamal menyampaikan agar peserta latihan memahami peran serta tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka mendukung Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang.

“Prajurit Lantamal II dituntut senantiasa memiliki kesiapan, kecepatan bergerak dan profesional sehingga memiliki kemampuan serta ketrampilan yang berhasil guna. Kita juga harus dapat menunjukkan dan menjaga netralitas TNI seperti apa yang pernah di sampaikan Panglima TNI. Di harapkan pada pesta Demokrasi pada Pilkada ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Demikian di sampaikan Danlantamal dalam sambutanya pada pembukaan Latpam Pilkada,”ingat Dafit Santoso.

Penyiapan prajurit Lantamal II dalam rangka Pam Pilkada melalui latihan pengamanan ini selaras dengan Perintah Harian Bapak Kasal, yaitu Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman dan Jalin soliditas dan sinergitas komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan. (ped)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional