Menu

Pengamanan Perbatasan Sumbar-Sumut Diperketat

  Dibaca : 2355 kali
Pengamanan Perbatasan Sumbar-Sumut Diperketat
BERBINCANG— Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berbincang dengan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Sehat Covid-19 di Kampus II FIK UNP, melalui video call.
AKBP Toto Fajar Prasetyo

AKBP Toto Fajar Prasetyo, Kapolres Pasaman Barat

PASBAR, METRO–Kapolres Pasaman Barat (Pasbar), AKBP Toto Fajar Prasetyo menilai pengamanan wilayah perbatasan harus diperketat.

“Untuk itu, kami saat ini memperbanyak razia dan patroli di daerah perbatasan, terutama di daerah perbatasan di Kecamatan Ranah Batahan karena daerah itu berbatasan langsung dengan Sumatera Utara (Sumut),” kata Toto beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pihaknya memperketat pengawasan daerah perbatasan untuk mengantisipasi masuknya berbagai tindak kejahatan seperti narkoba, pencurian, perampokan dan tindakan lainnya yang bisa menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, tahun 2015 ini merupakan tahun demokrasi dengan adanya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak, tentunya faktor keamanan sangat penting.

“Daerah perbatasan merupakan gerbang awal masuknya berbagai bentuk kegiatan yang ingin mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ada di sekitar perbatasan agar memperhatikan lalulintas orang masuk menuju Pasaman Barat, jika mencurigakan segera laporkan ke pihak Kepolisian. “Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam rangka menciptakan keamanan dan ketartiban masyarakat,” sebutnya.

Pihaknya juga saat ini rutin menggelar patroli di seluruh jajaran Polisian Sektor (Polsek) yang dinamakan patroli “Tuah Basamo”. Ia menjelaskan daerah perbatasan juga dijadikan tempat awal masuknya peredaran narkoba. Pasaman Barat tidak hanya dijadikan daerah perlintasan tetapi juga menjadi daerah tujuan peredaran narkoba saat ini.

Pada umumnya, pengakuan para tersangka narkoba yang tertangkap, mereka membawanya dari Sumut untuk diedarkan di Pasaman Barat dan Sumbar khususnya. “Ini tidak bisa dibiarkan dan pengawasan melalui razia dan patroli terus kita tingkatkan. Baik di daerah perbatasan Ranah Batahan maupun di Talu Kecamatan Talamau,” tegasnya.

Ia meminta kepada jajaran Polsek yang berada di daerah perbatasan seperti Ranah Batahan dan Talamau agar meningkatkan pengawasan melalui razia dan patroli. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional