Close

Pengamanan Arus Mudik Lebaran 1440 H, Kapolres Sebar Personel di Lokasi Rawan

FOTO BERSAMA— Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis foto bersama dengan awak media usai buka bersama. (ramadalius/posmetro)

LIMAPULUH KOTA, METRO – Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP Haris Hadis mengintruksikan kepada anggota pengamanan jalur Sumbar-Riau saat mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M, tembak di tempat bagi pelaku begal. Instruksi Kapolres bukan isapan jempol belaka, namun telah menyiapkan personil yang akan disebar disepanjang jalan Sumbar-Riau di wilayah Limapuluh Kota.

”Dari batas kota sampai batas propinsi Sumbat-Riau kita sebar Buser, Reserse dan tim 99, dengan senjata lengkap. Untuk pelaku kejahatan begal, tembak ditempat.

Dan wilayah kita yang rawan kriminal tidak ada. Hanya rawan bencana alam,” sebut Kapolres AKBP Haris Hadis, didampingi Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Ketua DPRD Safaruddin, dan Waka Polres, Kasat Reskrim AKP Anton Luther, Kasat Lantas AKP Erman, dan Kasat Narkoba Iptu Hendri Has, saat buka bersama di Mapolres Lima Puluh Kota, Jalan Sumbar-Riau, Katinggian, Harau, Sabtu (25/5).

Kapolres yang dekat dengan awak media ini menyebut untuk pengamanan mudik dan balik lebaran 1440 H ini akan menurunkan sebanyak 273 personel gabungan terdiri dari Polri, Pol PP, Dishub dan Tim medis yang akan menempati posko-posko yang sudah didirikan dibeberapa tidak di Kabupaten Lima Puluh Kota.

”Personel gabungan ada 273 orang. Jadi kita juga sudah melakukan survei dan menyisir jalan Sumbar-Riau dan kondisinya bagus hanya ada sedikit yang sedang diperbaiki. Terkait bencana ini koordinasi juga sudah dilakukan dengan instansi terkait sehingga pengamanan pemudik terjamin selama dalam perjalanan, termasuk kita sudah mendirikan posko,” sebut Kapolres murah senyum ini kepada awak media.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Lima Puluh Kota AKP H. Erman memprediksi arus mudik untuk Idul Fitri 1440 H ini akan mulai ramei melewati jalur Sumbar-Riau via Lima Puluh Kota, pada H-4. Mengingat waktu libur lebaran tahun ini sangat panjang.

”Kita sudah siapkan berbagai strategi pengaman Arus lalulintas pada saat mudik, balik dan saat lebaran di Lima Puluh Kota. Untuk arus balik kita prediksi mulai ramei pada H-4 sebelum lebaran. Karena saat ini libur lebaran sangat panjang sekali,” sebut AKP Erman kepada wartawan disela-sela buka bersama.

Pada lebaran tahun lalu, beberapa jalur alternatif juga disiapkan oleh Satlantas Polres Lima Puluh Kota untuk mengurai kemacetan dititik-titik keramaian terutama di persimpangan jalan dan pasar tumpah dipinggir jalan raya Sumbar-Riau. Diantara jalur alternatif bagi pemudik dari arah Riau saat sampai diketinggian sebelum Kantor Polres belok kiri, keluar di Batu Balang, masuk jalur Taram dan masuk jalur Lingkar Payakumbuh yang keluar di Labuah Silang, terus lurus bisa keluar di Ngalau Indah menuju Bukittinggi. (us)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top