Menu

Pengadaan 10 Unit Kios di Objek Wisata, Pemko Kucurkan Dana APBD Rp 150 Juta

  Dibaca : 99 kali
Pengadaan 10 Unit Kios di Objek Wisata, Pemko Kucurkan Dana APBD Rp 150 Juta
Ilustrasi

PARIAMAN, METRO
Pemerintah Kota Pariaman tahun ini  mengucurkan dana sekitar Rp 150 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pariaman tahun 2020 untuk pengadaan 10 unit kios dengan bentuk kekinian di objek wisata berkonsep waterfront city atau kota tepi air Talao Pauh.

“Rencananya ada 20 unit kios namun untuk tahap I baru 10 unit,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit, kemarin.

Katanya, 10 unit kios tersebut telah diserahkan dan  sedangkan sisanya yang dianggarkan di APBD perubahan dalam waktu dekat akan diserahkan kepada pedagang di kawasan tersebut.

Ia mengatakan sasaran pemberian kios tersebut untuk penataan kawasan objek wisata Talao Pauh agar terlihat lebih indah dan rapi sehingga menambah daya tarik kunjungan wisatawan karena selama ini pedagang membuat kios beratapkan terpal.

Meskipun Pemko Pariaman sudah menyerahkan 10 kios kepada pedagang di Talao Pauh namun hingga sekarang bantuan tersebut belum digunakan karena masih ada mekanisme dan prosedur yang harus dilewati.

“Kiosnya belum digunakan karena ada standar operasional prosedur yang sedang disiapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman,” ujarnya.

Dikatakan,  pedagang di Talao Pauh tersebut biasanya menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Adapun salah satu minuman yang dijual di kawasan tersebut yaitu kelapa muda.

Kios yang diberikan tersebut pun berupa portabel yang terbuat dari besi dengan bentuk menyesuaikan dengan zaman kekinian.

Sebelumnya Talao Pauh yang terdapat di Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman menjadi objek wisata berkonsep kota tepi air atau waterfront city ramai diserbu kaum milenial atau anak-anak remaja untuk berswafoto.

“Talao ini akan menjadi objek wisata baru di Pariaman yang akan digandrungi wisatawan,” katanya. Saat ini ketika sore hari pada hari biasa puluhan wisatawan mengunjungi Talao tersebut, namun kunjungan meningkat menjadi ratusan saat akhir pekan. Talao Pauh tersebut berupa danau kecil yang dikembangkan dengan konsep kota tepi air yang dana pembangunannya dari pemerintah pusat senilai Rp 8,3 miliar. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional