Close

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen UPI YPTK Berikan Pelatihan Manajeman

FOTO BERSAMA— Dosen UPI YPTK Padang yang memberikan pelatihan manajemen untuk Kepala Raudhatul Athfal (RA) se-Kota Padang, berfoto bersama usai kegiatan, di RA Bustanul Ulum Pampangan, Kecamatan Lubuk Begalung, Kamis (9/6).

PAMPANGAN, METRO–Dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang, memberikan pelatihan manajemen untuk Kepala Raudhatul Athfal (RA) se-Kota Padang. Kegiatan yang diberi judul “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Raudhatul Athfal Kota Padang”, diselenggarakan di sekolah RA Bustanul Ulum Pampangan, Kecamatan Lubuk Bega­lung, Kamis (9/6).

Pemateri diberikan Do­sen UPI, Muhammad Mahzum, S.Kom, MM, Pinta Medina, ST, M.Pd dan Yuli Angraini, SE, MM. Dihadiri juga oleh Pengawas RA/MI Kemenag Kota Padang Ibu Zainal, S.Ag, Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal Kota Padang Dra. Yetri Sunarti, Ketua Kelompok Kerja Rau­dhatul Athfal Ibu Ihdassadri, S.Ag, M.Pd.,

Diikuti lebih kurang 35 Kepala RA se-Kota Padang, peserta pelatihan  bersemangat, penuh antusias mengikuti dan mendengar pemaparan dari pemateri pelatihan .

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal kepada Kepala RA yang kesehariannya memimpin di sekolahnya masing-masing, supaya mutu  pendidikan di RA terus meningkat diharapkan sekolah dipimpin atau dinahkodai oleh kepala yang hebat, berprestasi dan profesional,” sebut Dosen UPI Muhammad Mahzum.

Disebutkannya, ada lima variable yang membentuk kepala sekolah itu profesional. Yaitu, yang tahu akan tugas, yang menjalankan fungsi, memiliki karakter moral dan kinerja, memiliki kompetensi, dan memiliki literasi.

Memiliki kompetensi dimaksudkan kemampuan menguasai ilmu pengeta­huan dan memiliki ketram­pilan. Sedangkan literasi yaitu keterbukaan wawasan yang terdiri dari menumbuh kembangkan minat membaca, memahami menjunjung tinggi satuan nilai-nilai. “Kemudian norma-norma, adat dan budaya, mengikuti kemajuan teknologi dan adanya keterbukan keuangan sesuai dengan kegunaan secara efektif, efisien dan akuntable,” paparnya. (jes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top