Menu

Penerimaan CPNS 2019 Sumbar Dibuka, Pendaftaran Dimulai November

  Dibaca : 126 kali
Penerimaan CPNS 2019 Sumbar Dibuka, Pendaftaran Dimulai November
Ilustrasi CPNS

SUDIRMAN, METRO – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Sumbar segera dibuka. Pengumuman penerimaan CPNS 2019 dilakukan pada minggu keempat Oktober dan mulai dibuka pendaftaran pada November.

Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan ujian direncanakan tahun 2020. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gafar mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima BKD Sumbar dari Deputi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) saat Rakornas di BKN disampaikan CPNS akan dibuka Oktober ini.

“Untuk pendaftarannya dimulai bulan November nanti. Sementara pelaksanaan ujian CPNS dijadwalkan akan berlangsung di tahun 2020. Kita perkirakan proses CPNS kali ini akan berjalan hingga Maret 2020,” kata Abdul Gafar, Jumat (11/10).

Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar ini menyebut, pelaksanaan CPNS kali ini berbeda dari pelaksanaan sebelumnya yang memiliki rentang waktu di tahun 2019 dan tahun 2020. Dia mengatakan, dalam waktu dekat Kemenpan-RB juga akan menginformasikan kuota formasi yang diakomodir untuk Sumbar.

“Walau begitu kita secara total telah mempersiapkan anggaran tahun 2019,” kata mantan Plt Wako Sawahlunto itu.

Lebih lanjut, beber Abdul Gafar, dari 1.009 usulan formasi dil ingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar terdiri dari 668 formasi CPNS dan 341 untuk formsi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Untuk CPNS terdiri dari 175 untuk guru dan tenaga kependidikan, kesehatan 96 formasi dan teknis sebanyak 397 orang.

“Sedangkan untuk P3K yang dibuka jalur umum terdiri dari 94 tenaga kesehatan, 233 guru dan 14 formasi teknis,” ungkap Abdul Gafar.

Selain itu, Abdul Gafar berharap, agar perekrutan CPNS baru ini benar-benar terwujud. Sebab saat ini jumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemprov Sumbar masih kurang. Maka itu pihaknya berharap agar penerimaan CPNS agar dapat dilakukan.

Sejalan dengan itu, satu di antara warga Kota Padang, Wenni Amran menyambut baik kabar rencana pembukaan penerimaan CPNS tahun 2019. Karena menjadi PNS merupakan salah satu cita-citanya setelah menyelesaikan studi tahun 2017 lalu di Universitas Negeri Islam (UIN) Imam Bonjol Padang.

“Senang, mudah-mudahan tahun ini bisa jebol, mana tahu rezekinya tahun ini kan. Kemarin gagal di tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) karena salah satu jenis tes soalnya tidak memenuhi passing grade,” kata Wenni. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional