Close

”Penerapan Uji Klinis Vaksin BUMN menjadi Kebanggaan”

UJI VAKSIN— Wabup Rahmang saat uji klinis vaksinasi BUMN.

Wakil Bupati Padangpa­riaman Rahmang menyambut baik kedatangan Bio Farma ke RSUD Padangpariaman dalam persoalan vaksin.Terpilihnya Kabupaten Padangpariaman sebagai salah satu wilayah pe­nerapan uji klinis vaksin BUMN, merupakan suatu kebanggaan. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita di Kabupaten Padangpariaman. Semoga de­ngan adanya sampel di Kabupaten Padangpariaman ini nan­tinya hasil uji klinis bisa diukur dengan lebih rasional,” kat Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Ba­syir menyampaikan terima kasih dan apresiasi mendalam kepada semua pihak yang telah mendukung penelitian dan pengembangan vaksin BUMN ini. Menurutnya, keberadaan vaksin ini merupakan wujud kemandirian bangsa dalam meng­hadapi wabah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia. “Vaksin BUMN ini merupakan karya anak bangsa, karena mulai dari pengembangan bibit vaksin, dilaksanakan di Indonesia dan dilakukan oleh ahli – ahli yang berasal dari Indonesia,” ungkapnya.

Honesti yang merupakan putra daerah asal Sumatera Barat ini turut berharap, uji klinis fase 3 (tiga) ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan memberikan hasil yang maksimal.

Dalam pertemuan tersebut Rahmang didampingi oleh Di­rektur RSUD Jasnelli MARS, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinuddin, Forkopimda, serta OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padangpariaman.

Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka Anniver Safari pelaksanaan uji klinis fase tiga vaksin covid-19 BUMN. Ke­giatan ini dipusatkan di RSUD Parit Malintang dengan melibatkan 1.187 orang dari total 1.725 relawan dengan rincian MS1 sejumlah 576 orang dan MS2 sejumlah 611 orang. Vak­sin Covid-19 BUMN merupakan vaksin pertama yang pe­ngembangannya dari hulu hingga hilir yang dikembangkan di Indonesia oleh Bio Farma.

Dalam hal ini, Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sebelumnya, uji klinis juga sudah dilaksanakan di beberapa daerah seperti Jakarta, Makassar, Semarang, dan Lom­bok. Di samping pelaksa­naan uji klinis vaksin BUMN, dalam agenda tersebut juga dilaksanakan tebar hewan qurban sejumlah 3 ekor sapi melalui program TJSL Bio Farma (Persero) yang diserahkan lansung oleh Kepala Divisi TJSL Bio Farma kepada Kapolres Pa­dang­pariaman dalam rangka Hari Ulang Tahun Bio Farma ke 132 Tahun. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top