Menu

Penegakan Perda AKB, Arry Yuswandi: Harus Sejalan dengan Promosi Kesehatan

  Dibaca : 137 kali
Penegakan Perda AKB, Arry Yuswandi: Harus Sejalan dengan Promosi Kesehatan
TEBAR MASKER— Kepala Dinkes Sumbar, Arry Yuswandi, gelar Aksi Derap Covid-19 Tebar Masker di depan Pangeran Beach Hotel Padang, beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO
Meski Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi memiliki kemampuan memeriksa sampel swab dengan jumlah ribuan. Namun kenyataannya angka positif Covid-19 di Provinsi Sumbar trend-nya masih tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi menilai, kondisi ini terjadi karena belum optimalnya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Angka positif Covid-19 masih tinggi. Padahal Labor kita mampu memerika sampai 3 ribu sample swab sehari. Ini membuktikan, belum optimalnya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat,” ungkap Arry, kemarin.

Saat ini, ungkap Arry, sudah ada Perda Nomor 06 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 di Provinsi Sumbar. Perda ini hadir dalam upaya agar masyarakat sadar dan patuh kepada protokol kesehatan Covid-19 ini.

“Selama ini sosialisasi dan komunikasi belum efektif. Perda ini supaya masyarakat lebih patuh. Bahkan perda ini juga mengatur sampai ada pendekatannya sanksi pidana bagi yang melanggar protokol kesehatan,” tegasnya.

Namun, dengan adanya perda ini, justru yang terpikir jika dilaksanakan secara ketat, akan banyak yang akan kena sanksi. Oleh karena itu, ketika perda ini diterapkan, maka juga ada promosi kesehatan yang harus berjalan secara simultan. “Artinya promosi kesehatan harus dilaksanakan bersamaan dengan penerapan perda ini. Sehingga masyarakat banyak yang tidak terjadi delik hukum,” ungkapnya.

Arry mengungkapkan, saat ini kasus positif Covid-19 mencapai angka 200 lebih kasus. Dari jumlah tersebut, biasanya Kota Padang tidak kurang 100 orang positif per hari. “Dengan angka ini, tugas kita tidak mudah. Dengan semangat dan kebersamaan, ini bisa dilaksanakan,” harapnya.

Dalam upaya promosi kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, Dinkes Sumbar saat ini menggelar aksi Kader Tanggap (Derap) Covid-19. Sosialisasi Aksi Derap Covid-19 selama ini, melibatkan bhabinkamtibmas, kader posyandu, penyuluh agama dan relawan Covid-19. Dalam aksinya, Derap Covid-19 mengkampanyekan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Yakni, mengajak masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

Seperti Kamis (19/11) lalu, Aksi Derap Covid-19 melibatkan Saka Bakti Husada (SBH) Gerakan Pramuka Kwarcab Padang. Aksi dilaksanakan dengan berupa tebar masker kepada ribuan warga Kota padang di depan Pangeran Beach Hotel Padang. Kegiatan Tebar Masker ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional