Menu

Pendakian Wisata Bukik Chinangkiek Makan Korban

  Dibaca : 210 kali
Pendakian Wisata Bukik Chinangkiek Makan Korban
BUS TERBALIK— Bus yang membawa rombongan 35 penumpang terbalik di jalan menuju wisata Bukik Chinangkiek gara-gara tak kuat menanjak.

SOLOK, METRO
Tak kuat menanjak, bus yang membawa rombongan wisatawan melaju mundur hingga terbalik di jalan pendakian menuju pintu gerbang objek wisata Bukik Chinangkiek, Kecamatan X Koto Singkarak, Kota Solok Senin (2/11). Akibatnya, 15 orang penumpang mengalami luka-luka.

Bahkan, satu di antaranya yang merupakan balita bernama Gavin (3) mengalami luka parah hingga harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Natsir Solok bersama enam korban lainnya. Sedangkan delapan korban yang mengalami luka ringan dibawa ke Puskesmas terdekat.

Informasi yang dihimpun POSMETRO, kecelakaan tunggal ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Bus pariwisata berpelat AB 7078 AS dikendarai sopir berinisial SS dengan tujuan objek wisata Bukik Cinangkiek yang membawa 35 orang penumpang.

Namun saat melewati tanjakan sepanjang 15 meter menuju gerbang objek wisata, tiba-tiba mesin bus tersebut kehilangan tenaga sehingga tidak kuat menanjak. Saat itu juga, bus melaju mundur tak terkendali hingga melaju keluar badan jalan. Bahkan bus yang meluncur mundur terebut akhirnya terbalik ke arah tebing jalan.

Beberapa penumpang bus yang tidak terluka, dibuat panik, spontan berteriak histeris dan berusaha melompat keluar melalui jendela yang kacanya sudah pecah berserakan dan melalui pintu bus untuk menyelamatkan diri. Melihat kejadian tersebut, warga sekitar bergerak cepat memberikan pertolongan kepada para korban.

Proses evakuasi para penumpang bus naas itu berjalan cukup dramatis. Banyaknya penumpang yang terjebak di dalam bus dengan kondisi luka-luka dan berdarah, membuat proses evakuasi memakan waktu. Total, 15 penumpang bus mengalami luka-luka berhaasil dievakuasi. Tetapi, satu orang balita ketika itu kondisinya luka parah tak sadarkan diri.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengatakan, dalam kecelakaan tunggal ini tidak ada menimbulkan korban jiwa. Tetapi, 15 penumpang mengalami luka-luka dengan kategori ringan dan berat. Rinciannya, delapan penumpang dilarikan ke Puskesmas Singkarak dan enam di RS M Natsir Kota Solok.

“Seluruh penumpang yang berada di bus terbalik itu berasal dari Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok yang datang ke lokasi itu untuk beriwisata. Dugaan sementara, penyebab kecelakaan karena bus tidak kuat menanjak dan memang pendakian di lokasi itu memang terjal,” kata AKBP Ferry.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kota Solok, AKP Zamri menyebut, dari puluhan penumpang bus, 15 orang di antaranya mengalami luka-luka. Bahkan, satu penumpang sempat akan dirujuk ke rumah sakit di Kota Padang karena lukanya cukup serius dan tidak sadarkan diri. Tetapi, dalam perjalanan sudah kembali sadar sehingga tidak jadi dirujuk ke Padang.

“Korban luka-luka seluruhnya lebih kurang 15 orang. Yang paling parah, balita berusia 3 tahun. Tidak jadi dirujuk ke Padang, tetapi dirawat di RSUD M Natsir. Total penumpang yang ada di dalam bus 35 orang,” kata AKP Zamri.

AKP Zamri menambahkan, 35 penumpang berasal dari Nagari Sirukam. Selain orang dewasa, rombongan ini juga berisikan sejumlah anak-anak. Untuk kasus ini sudah ditangani oleh Unit Laka Lantas dan sudah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan sopir.

“Mereka memang ingin ke objek wisata Cinangkiak. Tapi apakah ada agenda lain (di sana) mereka ini belum mengaku, kayaknya memang ada. Hasil olah tempat kejadian perkara pihak kepolisian dan keterangan sopir, bus ini terbalik karena tidak kuat mendaki. Sehingga bus mundur hingga hilang kendali dan terbalik,” pungkas AKP Zamri. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional