Menu

Pendaftaran Calon Komisioner KPID Sumbar Dibuka

  Dibaca : 103 kali
Pendaftaran Calon Komisioner KPID Sumbar Dibuka
Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Sumbar H. M. Nurnas dalam konferensi pers bersama Pansel Calon Komisioner KPID, Selasa (13/7).

PADANG, METRO–Tim Seleksi (Timsel) ) mulai membuka pendaf­taran penjaringan calon komisioner Komisi Penyia­ran Indonesia Daerah (KP­ID) periode 2021-2024. Pem­bukaan pendaftaran dimu­lai sejak Selasa (13/7). Ta­ha­pan pendaftaran ber­lang­sung selama lebih ku­rang satu bulan, hingga tanggal 13 Agustus 2021 mendatang.

Pembukaan pendaf­ta­ran calon KPID ini dilaku­kan setelah  Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mem­ben­tuk Timsel  penjaringan KPID periode 2021-2024, pada pekan lalu.

Sekretaris Komisi I DP­RD Provinsi Sumbar H. M. Nurnas dalam konferensi pers bersama Pansel Calon Komisioner KPID, Selasa siang menyebutkan, Ruang lingkup tugas KPID ke d­e­pan akan semakin banyak tantangan. Hal itu seiring perkembangan teknologi informasi termasuk di bi­dang penyiaran.

 “Menyadari tantangan tersebut, DPRD mengha­rapkan komisioner KPID ke depan adalah orang yang memang berkompeten dan berkomitmen terhadap u­ru­san penyiaran,” kata Nurnas.

 Dia menekankan, da­lam perkembangan tekno­logi sekarang ini, lembaga penyiaran terus bertrans­formasi. Pada saat yang sama, produksi konten untuk ditayangkan akan semakin bervariasi untuk meningkatkan daya saing, baik yang bersifat infor­masi maupun hiburan.

 “Dalam perkem­ba­ng­an tersebut, komisioner KPID memiliki tugas berat dan tanggung jawab yang besar mengawasi konten lembaga penyiaran yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku,” kata­nya.

 Untuk itu, tegas Nur­nas, tanggung jawab per­tama itu ada di tangan tim seleksi. DPRD berharap timsel dapat bekerja se­cara profesional dan inde­pen­den untuk menda­pat­kan kandidat komisioner yang mampu mengemban tugas berat KPID ke de­pan.

 “Setelah tugas timsel selesai, nantinya diha­rap­kan nama-nama yang sam­pai di DPRD untuk seleksi akhir merupakan orang yang kapabel, kredibel dan berkompeten di bidang penyiaran,” tegas Nurnas.

 Ketua Tim Seleksi Ca­lon Komisioner KPID Sum­bar Periode 2021-2024 Il­ham Adelano Azre dalam konferensi pers tersebut mengatakan, proses pen­daf­taran dibuka mulai tang­gal 13 Juli sampai tanggal 13 Agustus 2021.

 “Setelah itu timsel a­kan melanjutkan ke taha­pan seleksi administrasi, ujian tertulis, wawancara dan sebagainya. Seleksi administrasi dijadwalkan pada 23 Agustus 2021,” sebutnya.

 Selain itu, lanjutnya, timsel juga akan mela­kukan uji publik terhadap seluruh bakal calon. Dalam tahapan itu, pihaknya me­minta tanggapan masya­rakat terhadap calon.

 “Apakah misalnya ada bakal calon yang berafiliasi kepada partai politik te­r­tentu atau memiliki jabatan lain yang tidak dibenarkan secara aturan menjadi komisioner KPID dan seba­gainya dan sebagainya,” kata Azre.

 “Masukan dan tang­gapan seperti ini kami bu­tuh­kan bantuan dari semua pihak termasuk dari kal­a­ngan media, memberikan masukan kepada kami,” timpalnya.

 Azre berharap. masya­rakat berperan aktif baik untuk mengajukan diri se­ba­gai calon komisioner maupun mengawasi jalan­nya tahapan penjaringan calon. Sehingga proses seleksi menghasilkan calon yang berkompeten di bi­dang penyiaran, berinte­gritas, independen dan memiliki komitmen tinggi dalam menciptakan indus­tri penyiaran yang menge­dukasi.

 Proses akhir seleksi akan menghasilkan 21 orang calon komisioner un­tuk diserahkan ke DPRD oleh timsel. Selanjutnya, DPRD Sumbar akan mela­kukan tes kepatutan dan kelayakan untuk meng­hasilkan 14 orang dimana tujuh orang dengan nilai terbaik untuk ditetapkan sebagai anggota dan tujuh orang lainnya menjadi ca­lon anggota pengganti.

 Komisioner KPID Pro­vinsi Sumbar periode 2018-2021 dilantik oleh Gubernur Sumbar pada tanggal 24 Agustus 2018 lalu dan akan habis masa jabatannya pada Agustus 2021 men­datang. Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Sumbar H. M. Nurnas berharap pro­ses seleksi hingga peneta­pan dan pelantikan ang­gota KPID periode 2021-2024 dapat berjalan lancar dan maksimal.(hsb)  

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional