Menu

Pendaftaran Calon Dirut Perumda Payakumbuh Minim 

  Dibaca : 602 kali
Pendaftaran Calon Dirut Perumda Payakumbuh Minim 
Ilustrasi

SUDIRMAN, METRO  – Sabtu (16/11) ini, hari terakhir dibukanya pendaftaran calon Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Kota Payakumbuh. Meski sempat diperpanjang selama 4 hari sejak 12 sampai dengan 16 November 2019.

“Pembukaan awal pada 28 Oktober sampai 11 November, ada Dua orang mendaftar. Dan tidak memenuhi batas minimal tiga orang. Karena itu jadwal pengumuman dan pendaftaran kita perpanjang sampai 16 November sesuai jam kerja,” sebut Panitia Pendaftaran Pengisian Jabatan Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum, Kota Payakumbuh, Arif Siswandi, Jumat (15/11) kepada Wartawan.

Arif Siswandi yang juga Kabag Perekonomi Sekdako Payakumbuh menyampaikan bahwa sampai  Jumat (15/11) sore, sudah ada tiga calon Dirut Perumda Payakumbuh mendaftar kepada panitia. Ketiganya disampaikan Arif Suwandi, masih berasal dari Kota Payakumbuh. Meski begitu, diprediksi masih ada yang akan mendaftar menjelang penutupan.

“Sekarang (Jumat.red) sudah ada 3 orang mendaftar. Dan juga sudah ada yang nelpon, diperkirakan besok (Sabtu.red) jelang ditutupnya pendaftaran akan ada yang mendaftar,” sebut Arif Suwandi disela-sela rehat kegiatan Rakor di Balaikota Payakumbuh.

Setelah penutupan pendaftaran disampaikan Kabag Perekonomian, pada Minggu (17/11) panitia seleksi akan mengumumkan nama-nama calon Dirut Perumda Payakumbuh yang lulus seleksi administrasi. Kemudian pada Senin (18/11) langsung dilakukan Ujian Kepatutan dan Kelayakan (UKK).

“Akan dilakukan Ujian Psiko tes, Ujian keahlian, penulisan makalah dan persentasi. Pada 25 November 2019 akan kita umumkan nama-nama yang lulus UKK. Jadi klasifikasi nilai akhir di atas 8.5 direkomendasikan sangat disarankan. Diatas 7.5 disarankan. Nilai 7 direkomendasikan disarankan dengan pengembangan. Jadi setelah seleksi dari Tim Pansel, ada 3 nama yang akan diserahkan kepada Walikota,” sebutnya.

Tim Pansel yang diketuai Sekda Payakumbuh Rida Ananda, kemudian Asisten II Eldaswarman, Kepala BKPSDM Yasrizal dan Dua orang dari Independent atau Kademisi, Sevindra Juta dan DR.Eka, bakal maraton melakukan seleksi rekrutmen Dirut Perumda Payakumbuh.

Disampaikan Arif Siwandi, karena saat ini posisi jabatan Dirut Perusda Payakumbuh sudah kosong. Pejabat Dirut PDAM sebelumnya Hary Iswandi sudah berakhir jabatannya pada 31 Maret 2019 lalu. Kemudian diperpanjang menjadi Pejabat Sementara (Pjs) selama 6 bulan.

“Memang cepat. Karena sudah kosong sejak dua pekan lalu. Diperpanjang sekali, habis 31 Maret 2019 dan Pjs selama 6 bulan, jadi sudah habis sejak dua pekan lalu,” sebutnya menjawab Wartawan.

Sebelumnya, Sekda Payakumbuh, Rida Anada, juga tidak tahu pasti apa penyebab kinimnya calon pendaftar Dirut Perumda Payakumbuh. Padahal sebut Rida Ananda, persyaratan yang ditetapkan juga tidak terlalu berat.

“Memang ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi karena ini jabatan penting. Tapi kalau persyaratannya dikatakan berat, saya rasa tidak begitu,” jelasnya.

Berdasarkan persyaratan yang ditetapkan, untuk calon terpilih nantinya harus melengkapi beberapa persyaratan khusus. Pertama, bersedia bekerja penuh waktu dan bertempat tinggal di Payakumbuh. Kedua, bersedia menandatangani kontrak kinerja melaksanakan rencana bisnis perusahaan dan komitmen kerja dengan pemerintah daerah. Ketiga, bersedia menandatangani surta pernyataan yang berisi kesanggupan untuk menjalankan tugas dengan baik dan bersedia diberhentikan sewaktu-waktu atau mengundurkan diri apabila terjadi restrukturisasi organisasi. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional