Menu

Pendaftaran April Seleksi Juni, Pemko Ajukan 200 Formasi CPNS dan 700 PPPK

  Dibaca : 288 kali
Pendaftaran April Seleksi Juni, Pemko Ajukan 200 Formasi CPNS dan 700 PPPK
Ilustrasi

AIA PACAH, METRO
Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal dibuka kembali tahun ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mulai mengumumkan hasil penetapan formasi CPNS 2021 pada April mendatang. Pemko Padang pun sudah mengajukan kebutuhan CPNS sebanyak 200 formasi kepada pemerintah pusat.

Selain usulan 200 CPNS, Pemko melalui Badan Kepegawai Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang juga mengusulkan kebutuhan 700 tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pemko sudah mengajukan formasi CPNS dan juga PPPK kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Cuma belum jelas berapa yang akan dipenuhi atau diterima oleh pemerintah pusat,” sebut Kepala BKPSDM Kota Padang Suardi, kepada POSMETRO, Selasa (16/3).

Ia mengatakan, 200 orang CPNS itu terdiri dari tenaga-tenaga teknis. Sementara untuk tenaga PPPK khusus untuk tenaga pendidik atau guru saja.

Hingga kini, kata Suardi, Pemko belum menerima pemberitahuan apapun terkait kapan penerimaan CPNS dan berapa kuota yang akan diterima Pemko Padang.

“Tapi biasanya, minggu ketiga Maret ini, informasinya sudah keluar. Sekarang itu masih belum ada info apa-apa,” tandasnya.

Pengajuan CPNS sebanyak 200 orang ini menurut Suardi sudah melalui hitung-hitungan keuangan daerah. “Sebenarnya untuk kebutuhan sangat banyak. Karena rata-rata ada 600 orang ASN yang pensiun,” ujar Suardi.

Untuk diketahui, menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), kebijakan membuka lowongan bagi CPNS ini juga sudah diajukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan telah mendapat persetujuan.

Menurut Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko, rencananya, bulan Maret akan ditetapkan formasi dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran. Sedangkan Juni akan dimulai dilakukan seleksi.

Kementerian PAN-RB masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jika semua persiapan sudah selesai, maka pendaftaran akan segera diumumkan.

Bagi para pencari kerja yang tertarik, disarankan untuk mempersiapkan diri sebelum pembukaan pendaftaran. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pendaftaran serta juga menyiapkan diri untuk menjalankan tes.

Sejumlah dokumen yang perlu disiapkan saat melakukan pendaftaran adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto, dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dituju termasuk SKCK.

Sementara itu, untuk tahapan seleksi CPNS sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Salah satunya seleksi administrasi berada pada laman sscn.bkn.go.id. Masyarakat diharuskan mendaftar dulu sebelum mendapatkan kartu pendaftaran. Setelahnya akan diminta mengunggah sejumlah dokumen yang akan diverifikasi. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional