Menu

Pencuri Spesialis Congkel Jok Motor Ditangkap. Beraksi Hanya Hitungan Detik

  Dibaca : 161 kali
Pencuri Spesialis Congkel Jok Motor Ditangkap. Beraksi Hanya Hitungan Detik
PENCURI— AKBP Dony Setiawan memberikan keterangan pers terkait penangkapan pelaku pencurian spesialis congkel jok sepeda motor.

PAYAKUMBUH, METRO – Gara-gara aksinya terekam kamera CCTV, pelaku pencuri barang berharg spesialis kupak jok sepeda motor diringkus Satreskrim Polres Payakumbuh di rumahnya di Kelurahan Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (11/1) malam sekitar Pukul 20.30 WIB. Dari hasil pemeriksaan, aksi pencurian itu sudah dilakukan di empat lokasi berbeda.

Dari penangkapan pelaku berinisial W (32), petugas mengamankan barang bukti berupa dua sepeda motor yang digunakan untuk menjalankan aksinya di wilayah Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota). Selain itu, juga ditemukan uang tunai , handphone, buku rekening dan kartu ATM hasil curiannya.

Selama empat kali melangsungkan aksinya di sejumlah tempat, pelaku W sudah berhasil mengambil uang tunai senilai Rp 36 juta rupiah. Aksi W pada bulan November 2019, di Jalan Soekarno Hatta Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat, berhasil mencuri uang tunai 7 juta rupiah yang disimpan korban di bawah jok sepeda motor.

Kemudian W kembali beraksi pada bulan Desember 2019 di Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai Rp 3 juta dan 1 buah handphone. Pada awal tahun ini Januari 2020, di Jorong Tabek, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota, W berhasil mengambil uang tunai senilai 3 juta rupiah dalam jok sepeda motor.

Merasa terus berhasil dalam menjalankan aksinya menstroni barang berharga dalam jok kenderaan bermotor, W, kembali beraksi untuk keempat kalinya di Jorong Pakan Rabaa, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota. Aksinya itupun kembali berjalan mulus dan membawa kabur uang tunai senilai Rp 23 juta.

“Pelaku W merupakan spesialis pencuri barang-barang berharga yang disimpan di bawah jok sepeda motor. Sasarannya sepeda motor yang sedang diparkir korban,” sebut Kapolres AKBP Dony Setiawan kepada Wartawan di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (11/1) malam.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menjelaskan, sebelum melakukan aksinya, W terlebih dahulu berputar-putar di pusat keramaian masyarakat untuk mencari target.  Penentuan target dilakukan baik secara acak ataupun khusus mentarget masyarakat yang menyimpan barang berharga di dalam jok sepeda motor.

“Pelaku beraksi dengan sistim hunting mengintai target yang menyimpan uang dalam jok motor, mengikuti targetnya. Saat sepeda motor yang diintainya sudah terparkir, pelaku berpura-pura juga memarkirkan sepeda motornya di samping sepeda motor korban. Ketika pemilik kenderaan pergi atau lengah, W sambil duduk di atas motor menginjak motor target bersamaan dengan mengangkat jok motor menggunakan tangannya ditutupi dengan tas. Setelah itu, pelaku mengambil barang berharga yang disimpan di dalam jok, dan hebatnya aksinya pelaku hanya dalam hitungan detik,” sebut Kapolres.

Setelah memperagakan modusnya, W mengungkap beberapa jenis motor matik dan beberapa jenis motor lainnya yang dapat dengan mudah dibuka joknya. W juga mengaku mempelajari modus tersebut melalui ^outube saat dirinya bekerja di Pekanbaru.

Sementara, Kasat Reskrim AKP Ilham menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, W merupakan pelaku tunggal lantaran melakukan aksinya seorang diri. Selain itu, pihaknya juga memiliki 2 bukti rekaman CCTV yang mana di dalam rekaman itu terlihat jelas pelaku melakukan aksinya.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam jok motor karena ternyata beberapa jenis motor dapat dibuka dengan mudah oleh pelaku,” ajak AKP Ilham. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional