Menu

Pencuri Sepeda dan Penadah Ditangkap

  Dibaca : 857 kali
Pencuri Sepeda dan Penadah Ditangkap
CURI SEPEDA—Reza (20), pelaku pencurian sepeda diamankan Polresta Padang, kemarin.

PADANG, METRO
Tren bersepeda juga membuat para kriminal mencari keuntungan lebih. Tak ayal, kini sepeda menjadi target pencurian oleh sekelompok orang. Bahkan ada spesialis pencuri sepeda. Satu dari tiga sekawan komplotan spesialis pencurian sepeda dibekuk tim Elang Satreskrim Polresta Padang, Kamis (16/7) dini hari di Air Tawar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Pelaku, Alazharki Reza Fahlevi (20) ditangkap karena terbukti melakukan pencurian dengan pemberatan bersama dua orang rekannya yang masih DPO di Komplek Singgalang B5 Nomor 10 RT 2 RW 5, Kecamatan Kototangah, Jumat (10/7) sekitar pukul 03.30 WIB.

Dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti 1 unit sepeda warna abu-abu merk Pacifik yang sebelumnya telah dijual oleh pelaku kepada seorang berinisial LP.

“Cara tersangka melakukan aksi pencurian yaitu awalnya pelaku pergi menggunakan sepeda motor suzuki FU bonceng tiga dengan temannya F dan R yang masih DPO, dan setelah itu para pelaku berkeliling mencari barang yang akan dicuri,” ujar Kasatreskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda.

Di TKP, pelaku melihat ada sepeda yang dipakir di teras rumah, kemudian pelaku F masuk ke dalam rumah dengan melompati pagar sedangkan pelaku R menunggu diluar bersama pelaku Alazharki.

“Setelah berhasil kemudian pelaku F mengeluarkan sepeda dengan cara dilempar keluar pagar dan disambut oleh pelaku R dan pelaku Alazharki yang masih stanby menunggu di atas motor,” terang Rico.

Usai mendapatkan sepeda, F kemudian keluar pagar, dan menaiki motor bersama sepeda yang telah dicuri dan dua lainnya, sembari tancap gas meninggalkan lokasi. “Hasil curian tersebut selanjutnya dijual kepada LP yang telah kami amankan sebelumnya sebagai penadah barang curian,” tutur Rico.

Berbekal keterangan saksi dan korban di lapangan, penyelidikan dilakukan dan berhasil diungkap salah satu pelaku yang melakukan aksi pencurian tersebut.

“Ketika Tim Elang Satreskrim Polresta Padang mendapati informasi dari masyarakat bahwa satu orang pelaku pencurian dengan pemberatan sedang berada di daerah Air Tawar tepatnya di dekat Kampus UNP dan setelah itu anggota opsnal melakukan pengecekan terhadap informasi dari masyarakat tersebut dan mengamankan pelaku untuk dibawa ke Polresta Padang,” ujar Rico.

Sesampainya di kantor Polresta Padang anggota Opsnal menginterograsi pelaku yang diamankan tersebut dan mengakui perbuatannya telah melakukan perkara pencurian dengan pemberatan, sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP /371/B/VII/2020/Spkt Unit III, tanggal 15 Juli 2020, pelapor Mauris Maulana.

“Dari pengakuan pelaku yang diamankan inilah diketahui identitas rekannya yang masih dicari keberadaanya. Selain itu pelaku juga mengakui telah melakukan pencurian sepeda di Perum Pinang Bungkuk Permai Blok B No 4,” tutup Rico. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional