Menu

Pencuri HP Sopir Online Ditangkap

  Dibaca : 199 kali
Pencuri HP Sopir Online Ditangkap
CURI HP— Pencuri HP milik sopir Grab Car diungkap oleh Tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang.

PADANG, METRO – Aksi pencurian HP milik sopir Grab Car yang dilakukan oleh penumpangnya berhasil diungkap oleh Tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang. Pelakunya ditangkap saat hendak menjual HP curian itu di salah satu rumah di Kelurahan Siteba, Kecamatan Nanggalo, Rabu (7/11) sekitar pukul 21.30 WIB.

Pelaku, Taufik Hidayat (31), warga Jalan Indah Bersama, Kelurahan kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo ini tak berkutik saat ditangkap. Pasalnya, petugas menemukan barang bukti (BB) berupa satu unit HP merek Samsung Galaxy S7 hasil curiannya milik pengemudi Grab Car tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, juga terungkap modus yang dijalankannya untuk melakukan aksi pencurian terbilang nekat. Pelaku modusnya memesan Grab Car dan berpura-pura menjadi penumpang. Saat tiba di lokasi yang dituju, pelaku dengan sigap mengambil HP milik sopir Grab Car dan langsung melarikan diri.

Informasi yang dihimpun, ditangkapnya pelaku pencuri hp modus menjadi penumpang Grab Car ini berawal dari adanya laporan sopir Grab Car bernama Harafesti Dian ke Polresta Padang dengan nomor LP/2306/K/XI/2018/SPKT Unit I, tanggal 6 November 2018. Korban melaporkan kalau penumpang yang dibawanya, telah melakukan pencurian HP miliknya.

Menindaklanjuti laporan korban, Tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang dimpimpin Kani VI Ipda Deni langsung melakukan penyelidikan untuk melacak keberadaan pelaku. Satu hari melakukan penyelidikan, petugas mendapatkan informasi dari warga kalau ada seseorang yang akan menjual satu unit HP tanpa kotak dan tidak mengetahui kunci pola di salah satu konter kawasan Siteba.

Mendapatkan informasi itu, petugas kemudian mendatangi lokasi dan menemukan pelaku sedang berada di salah satu rumah menunggu orang yang mau membeli HP curian itu. Saat itu juga petugas membekuk pelaku dan mengamankan HP hasil curian yang ditemukan di dalam saku celananya.

Setelah itu pelaku dibawa ke Mapolresta Padang untuk pemeriksaan lanjutan. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, pelaku mengakui perbuatannya yang telah mencuri hp milik sopir Grab Car, dan diperkuat dari data-data laporan korban yang juga sesuai dengan barang bukti hp tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan penangkapan terhadap pelaku ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya, satu hari melakukan penyelidikan pelaku bisa ditangkap berkat adanya informasi dari masyarakat bahwa pelaku menjual hp yang bukan miliknya.

“Pelaku melakukan aksi pencurian HP milik sopir Grab Car. Modusnya terbilang nekat, karena pelaku pura-pura menjadi penumpang, dan saat akan turun pelaku langsung mengambil hp milik korbannnya. Pelaku ditangkap saat hendak menjual hp curian itu,” kata AKP Edriyan.

Edriyan menjelaskan saat ini pihaknya masih terus mendalami dan mengembangkan kasus tersebut untuk memastikan ada atau tidaknya kejahatan lain yang dilakukan oleh pelaku. Dari hasil pemeriksaan, pelaku mencuri hp itu sudah direncanakan sebelumnya.

“Pelaku mencuri dilatarbelakangi butuh uang. Sehingga ia merencanakan kejahatan seperti itu. Atas kejadian ini, kita menghimbau kepada sopir transportasi onlie agar terus waspada. Terhadap pelaku akan kita jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional