Close

Pencapaian Vaksinasi Covid-19, Kapolda Sumbar dan Pemkab Kerahkan Sumber Daya

FOTO BERSAMA—Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa beserta pejabat utama Polda Sumbar foto bersama.

PESSEL, METRO–Kapolda Sumatera Ba­rat Irjen Pol Teddy Minahasa beserta pejabat utama Polda Sumbar harus menempuh perjalanan cu­kup melelahkan dari Pa­dang menuju Kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, yang berbatasan dengan Kabupa­ten Muko-Muko, Provinsi Bengkulu untuk melihat dari pelaksanaan vaksinasi, Senin (18/10). 

Pelaksanaan Vaksinasi di gelar Polsek Lunang Silaut, Polres Pesisir Selatan sejak pagi dibuka registrasi oleh panitia pelaksana vaksinasi Covid-19 pagi itu menjadi serbuan masya­rakat juga pelajar ada di dua Kecamatan, Kecamatan Lunang dan Kecamatan Silaut. 

Hadir dalam cara ter­sebut, Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin, Kapolres Pessel AKBP. Sri Wibowo, Dandim 0311 Pessel diwakili Kajari Painan, Kepala Pengadilan Negeri Pessel, Camat Lunang, Camat Silaut, Kapolsek, Danramil, Walinagari, tokoh ma­sya­rakat, dan pemuka ma­syarakat. 

Dalam paparanya di ha­dapan Kapolda Sumbar, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, perkembangan kasus Co­vid -19 di Kabupaten Pesisir Selatan saat ini ada 3.996 kasus positif, sembuh 3.819 orang, sedang dirawat 24 orang, dan meninggal du­nia 153 orang. Hal itu me­nunjukan jika kasus Covid -19 di Pessel sudah menurun. 

Selanjutnya, berdasarkan jumlah penduduk di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 514.444 orang yang tersebar di 15 Kecamatan, 182 Nagari dan 480 kampung serta 20 pukesmas, dari jumlah tersebut yang menjadi sasaran vak­sin usia 12 tahun keatas a­dalah 400.080 orang. 

Dan, data terakhir Rusma Yul Anwar jika Vaksin 1 sebanyak 73..443 orang atau 18.36 %, vaksin 2 sebanyak 27.060 orang atau 6.76 %. 

“ Dengan demikian terdapat sebanyak 299.­584 orang. Yang harus divaksin 2 kali atau sebanyak 599.170 dosis. Dan sebanyak 73.443 orang me­ngikuti vaksin ke 2. Sehingga dosis vaksin 1 dan vak­sin 2 yang menjadi target sasaran adalah sebanyak 672.613 dosis,” sampai Bupati Pessel.  Apabali kita cermati, sisa waktu yang tersedia mulai tanggal 21 Oktober sampai dengan 31 Desember 2021 adalah 60 hari kerja. Dibandingkan, dengan sisa target sasaran maka kita harus melakukan vaksinasi setiap hari sebanyak 11.210 dosis.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa dalam arahanya mengajak seluruh masyarakat ikut sadar dalam menjadikan vaksinasi Covid -19 sebagai kebutuhan, baik itu Pemda, TNI, Polres, Camat dam Walinagari. Tidak lupa peran aktif dari 45 wakil rak­yat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Pessel, dimana memiliki massa di dapil nya masing – masing. 

Ia mengungkapkan, de­ngan mengerahkan segala sumber daya yang ada, satukan persepi dan misi. Apalagi didukungan eda­ran dikeluarkan oleh Bupati Pessel yang mewajibkan seluruh OPD, ASN, Camat dan Walinagari wajib me­laksanakan Vaksinasi. 

“Ka­lau semua elemen bersatu, ditambah dengan sebaran penduduk tidak terlalu sulit dijangkau. Me­ngerahkan segala sumber daya yang ada. Apa menjadi target pencapaian Vaksinasi Covid -19 di Pessel bisa tercapai optimal,” kata Irjen Pol Teddy Minahasa. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top