Close

Pencanangan Visit Beautiful West Sumatera 2023, Pemko Padang Siapkan Agenda Wisata 2022

KOMITMEN SUMBAR BERSIH— Wali Kota Padang Hendri Septa saat melakukan penandatangan komitmen Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah bersama bupati/wali kota se-Sumatera Barat dan penandatangan Road Maps ETPD, di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan BI Sumbar.

SUDIRMAN, METRO–Wali Kota Padang Hen­dri Septa menyambut baik pencanangan Tahun Ku­njungan Wisata Sumatera Barat 2023 (Visit Beautiful West Sumatera 2023) yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Su­matera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Pro­vinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut disam­pai­kan Hendri Septa usai meng­hadiri Opening Ce­remony of West Suma­tera Nature Cultural and Creative Tourism Festival, di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumbar, Kamis pagi (9/12).

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penanda­tangan komitmen Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah bersama bupati/wali kota se-Sumatera Barat dan pe­nandatangan Road Maps Elektronifikasi Tran­saksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Wako Hendri Septa me­ngatakan, Visit Beautiful West Sumatera 2023 me­rupakan upaya dalam pe­ngembangan pariwisata dan ekonomi kreatif de­ngan melibatkan seluruh stakeholder di Sumatera Barat. Pencanganan terse­but diharapkan dapat men­jadi titik awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19.

“Kita di Kota Padang telah menyiapkan bebera­pa agenda di 2022 nantinya. Diantaranya, Rakernas Apeksi ke-XVI, peresmian gedung youth centre dan sentral rendang serta pe­ngecatan Padang Kota Tua. Ini juga merupakan upaya kita menjelang Visit Beautiful West Sumatera 2023,” ungkap Wako.

Di kesempatan itu, Wa­ko Hendri Septa juga me­nyatakan siap dalam men­dukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilakukan BI ke depan. Diantaranya, me­nindaklanjuti penandata­ngan komitmen Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah yang baru saja dilakukan.

“Pemerintah Kota Pa­dang siap mendukung ko­mit­men Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah. Alham­dulillah beberapa waktu lalu kita juga mendapat peng­hargaan Juara 1 Lom­ba Toilet Masjid dan Rumah Ma­kan Bersih pada Kawasan DTWU (Daya Tarik Wisata Unggulan),” ungkap Wako didampingi Plt Kadis Pa­riwisata Raju Minropa.

“Kita juga siap men­ciptakan suasana yang kondusif, aman dan nya­man agar para wisatawan merasa nyaman datang ke Kota Padang. Untuk itu ke depan kita akan bersinergi dengan para pelaku usaha, baik restoran, rumah ma­kan, para pemilik hotel dan pihak terkait lainnya demi mewujudkan Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Wahyu Purnama A menjelaskan, kegiatan Welcome West Sumatera Nature Cultural and Creative Tourism Festival tersebut diadakan selama dua hari, 9 – 10 De­sem­ber 2021 dengan berbagai ragam kegiatan.

Diantara kegiatan yang dilakukan adalah pen­ca­nangan Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat 2023, penandatangan komitmen Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah bersama bupati/wali kota se-Sumatera Barat, penandatanganan Road Maps ETPD dan launching penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk hotel dan restauran di  Sumatera Barat.

Dalam Opening Ceremony tersebut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Bupati Wali Kota se Sumatera Barat dan pihak lainnya. Juga hadir secara daring Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpa­rekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top