Menu

Pencanangan Nagari dan Desa untuk Kemajuan

  Dibaca : 51 kali
Pencanangan Nagari dan Desa untuk Kemajuan
FOTO BERSAMA— Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy foto bersama dengan bupati dan Wako se-Sumbar.

Wakil Wali Kota Paria­man Mardison Mahyuddin men­hadiri pencanangan na­gari/desa, kelurahan dan ke­ca­matan statistik se  Sumatra Barat. Kegiatan tersebut dibu­ka Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang dihadiri Bupati dan Walikota se sum­bar. Didampingi Kepala Bap­peda dan Kepala Kominfo Kota Pariaman. Bertempat di Auditorium Gubernuran  Pa­dang.

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin menya­takan membangun capacity building dalam pengelolaan data statistik sangat berguna untuk kemajuan daerah.

“Kegiatan yang dilak­sa­nakan Pemprov Sumatra Ba­rat ini sangat berguna untuk kemajuan Nagari, Desa, Ke­lurahan dan Kecamatan Sta­tistik,” kata wakil Walikota Pariaman Mardison Mah­yuddin, kemarin.

Dalam rangka percepatan penerapan inovasi nagari, desa, kelurahan dan keca­matan statistik se-Sumatera Barat, Wakil Gubernur Su­matera Barat, Audy Joinaldy mencanangkan pemben­tu­kan nagari, desa, kelurahan dan kecamatan statistik.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldi me­nyam­paikan, pembentukan nagari/desa/kelurahan dan keca­matan statistik yang telah dilakukan sejak tahun 2019 hingga 2021 ini dimaksudkan sebagai upaya membangun capacity building dalam pe­ngelolaan data statistik di nagari/desa/kelurahan di Su­matera Barat.

“Nagari, desa, kelurahan merupakan sumber data per­tama secara kewilayahan yang kemudian direkapitulasi menjadi data kecamatan, kabupaten, kota, provinsi sampai  negara,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, data merupakan hal yang paling penting dalam pembuatan kebijakan daerah. Data tidak bisa top down, tetapi perlu bottom up, karena data yang tidak valid akan menimbulkan bias pada kebijakan yang dibuat “Data is the most important thing to make policy. Jadi memang, statistik sangat penting karena dari data itu­lah kepala pemerintahan bisa buat kebijakan yang tepat,” tambahnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional