Menu

Penas Tani, Ajang Promosikan Produk Daerah

  Dibaca : 266 kali
Penas Tani, Ajang Promosikan Produk Daerah
H.Zulhendrayani

PADANGPARIAMAN, METRO
Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padangpariaman, H. Zulhendrayani berharap supaya  pelaksanaan Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS Petani Nelayan) tingkat Nasional yang bakal dipusarkan di Kabupaten Padangpariaman hendaknya bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin, termasuk bagaimana memanfaatkan momen penting tersebut sebagai ajang mempromosikan berbagai jenis keunggulan produk daerah yang ada di daerah Padangpariaman selama ini.

“Jadi karena daerah kita telah ditunjuk sebagai tuan rumah, tentunya  kita nantinya jangan sampai hanya menjadi penonton atau penggembira, makanya ajang tersebut hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Padangpariaman, sehingga dengan begitu keberadaannya bisa lebih dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia,” terangnya H. Zulhendrayani, kemarin.

Mengingat begitu pentingnya ajang PENAS TANI NELAYAN dimaksud, pihaknya sebut H. Zulhendrayani bahkan telah menyampaikan persoalan tersebut saat acara sosialisasi yang berlangsung Senin kemarin, yang dihadiri langsung oleh Bupati Padangpariaman, H. Ali Mukhni.

Pihaknya berharap, selaku tuan rumah Padangpariaman mkestinya harus all out mempersiapkan diri guna menyukseskan acara sebesar itu.

“Karena kan bisa saja tidak ada pengaruhnya jika nantinya justeru daerah lain yang memanfaatkan kesempatan berharga seperti itu, sebut misalnya Kota Padang, karena para peserta umumnya kan akan banyak yang menginap di sana. Karena hotel yang banyak itu adanya di Kota Padang. Sementara di Padangpariaman sendiri boleh dikatakan jumlah hotelnya tidak seberapa,” terangnya.

Untuk itulah pihaknya sebut H. Zulhendrayani mengharapkan agar nantinya disediakan lokasi atau tempat khusus untuk keperluan promosi berbagai produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Padangpariaman. Sebut misalnya mulai dari produk minuman coklat, VCO, sabun kecantikan dari VCO, hingga aneka makanan ringan serta souvenir dan produk sulaman, rendo atau bordiran khas Piaman lainnya.

“Makanya harapan kita nantinya bisa disediakan lokasi khusus untuk itu, di samping lokasi pameran yang telah diadakan panitia PENAS TANI. Dalam hal ini nantinya bisa saja melibatkan berbagai instansi di dalamnya. Baik itu Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Koperindag, Dinas Pariwisata dan lain sebagainya,” terangnya.

Sebagaimana diwartakan koran ini kemarin, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, sebelumnya mengimbau  seluruh jajaran Walinagari dan stacholder di Kabupaten Padangpariaman agar bersama-sama menyukseskan Penas Tani XVI tingkat Nasional tahun 2020, yang akan dipusatkan di Kabupaten Padangpariaman.

“Karena itulah kita sekarang melakukan sosialisasi Penas Tani Nelayan ke XVI tahun 2020 kepada seluruh elemen stakeholder yang ada di daerah ini,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat menghadiri acara sosialisasi  bersama Kadis Pertanian Propinsi Sumbar saat acara sosialisasi Penas Petani Nelayan Ke XVI tahun 2020, kemarin.

Ali Mukhni dalam kesempatan itu tak lupa mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari Pemuda, Bundo Kanduang, Walikorong, Ninik Mamak,Alim Ulama,Cadiak Pandai, Walinagari, Camat, Kepala OPD, untuk bisa mensosialisasikan kegiatan Penas Petani Nelayan ini kepada seluruh elemen masyarakat.

“Kita mengajak maayarakat kita serta seluruh potensi potensi yang ada di daerah ini untuk bisa ikut serta mensukseskan kegiatan Penas Petani Nelayan tahun 2020. Insyallah nantinya kegiatan penas tani ini akan dilaksanakan tanggal 20 sampai 25 Juni 2020. Kalau tidak ada halangan pembukaan kita laksankan di Nagari Sungai Buluh Selatan Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional