Menu

Penantian 53 Tahun, Italia Juara, Mancini Teteskan Air Mata

  Dibaca : 159 kali
Penantian 53 Tahun, Italia Juara, Mancini Teteskan Air Mata
Di final Euro 2020, ber¬main di Stadion Wembley Senin (12/7) dini hari WIB, Italia menang adu penalti atas Inggris dengan skor akhir 3-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Timnas Italia menjadi juara Euro 2020. Karena penampilan yang impresif sejak awal turna­men, Gli Azzurri dinilai pantas untuk menjadi kampiun Eropa.

Di final Euro 2020, ber­main di Stadion Wembley Senin (12/7) dini hari WIB, Italia menang adu penalti atas Inggris dengan skor akhir 3-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Gli Azzurri -julukan Tim­nas Italia- berhasil mengulang kesuksesan mereka di tahun 1968 de­ngan menjadi juara.

Italia ketinggalan lebih dulu. Tim asuhan Roberto Mancini kebobolan gol kilat pada menit kedua yang diciptakan oleh Luke Shaw.

Untuk membalas gol Inggris, Italia membu­tuh­kan waktu 65 menit. Leo­nardo Bonucci yang me­nyamakan kedudukan.

Saat babak penalti, Do­menico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Fe­derico Berna­des­chi berhasil menjaringkan bo­la. Dua ekse­kutor Italia yang gagal: Andrea Belotti dan Jor­ginho.

Sementara di kubu Inggris, Harry Kane dan Harry Maguire sukses mencetak gol. Tiga penendang ter­akhir The Three Lions Mar­cus Rashford, Jadon San­cho, dan Bukayo Saka gagal.

Italia mengawali lang­kah di Euro 2020 dengan menaklukkan Turki 3-0, lalu berturut-turut menum­bang­kan Swiss dan Wales di fase grup.

Setelah itu, Austria ha­rus diladeni Italia sampai babak tambahan. Lalu, Bel­gia yang disikat Italia pada babak perempatfinal Euro 2020.

Perjuangan berat di­tem­puh Italia di semifinal Euro 2020. Spanyol dika­lahkan Lorenzo Insigne cs via adu tendangan penalti dengan skor 4-2.

Penantian Selama

53 Tahun

Pasukan Roberto Man­cini akhirnya mengusir rasa penasaran Italia sete­lah di tahun 2000 dan 2012 masuk final, tapi hanya sanggup menjadi runner up.

Pada tahun 2000 Italia takluk dari Prancis 1-2, kemudian di edisi Euro 2012 mereka hancur lebur di final usai takluk 0-4 dari Spa­nyol.

Tahun ini, dengan skuad yang lebih merata, Gli Azzurri berhasil mereng­kuh gelar juara keduanya di ajang Euro.

Torehan juara Italia sekarang sejajar dengan Prancis yang telah me­ngumpulkan dua gelar di turnamen ini.

Italia hanya kurang satu trofi lagi dari Jerman dan Spanyol yang dalam gelaran ini sudah tiga kali membawa pulang piala.

3 Tahun Kerja Keras Mancini

Roberto Mancini meni­tikkan air mata usai Italia juara Euro 2020. Kerja ke­ras­nya mengangkat Italia yang terpuruk usai gagal ke Piala Dunia 2018 mem­buah­kan hasil.

Italia juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di final. Dalam pertan­dingan di Stadion Wem­bley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, Gli Azzurri menang 3-2 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga extra time.

Usai pertandingan, Ro­berto Mancini terlihat me­ni­tikkan air mata. Dia juga tampak emosional saat berpelukan dengan salah satu stafnya yang juga mantan rekan setimnya di Sampdoria, Gianluca Vialli.

“Itu adalah emosi yang muncul setelah me­raih sesuatu yang luar biasa, melihat anak-anak merayakannya, fans me­rayakan di bangku penonton,” ujar Mancini soal air matanya usai pertandingan.

“Melihat segalanya yang sudah berhasil kami ciptakan, semua kerja keras yang kami kerah­kan selama tiga tahun terakhir dan khususnya dalam 50 hari terakhir, yang terasa sangat sulit.”

“Kami sangat klop, tidak pernah ada masalah, dan pa­ra pemain pantas dipuji untuk itu. Bukan cuma di atas lapangan, mereka luar bia­sa di sana, tapi saya kira fak­ta bahwa kami bisa me­nem­pa semangat tim ini,” lanjut­nya seperti dilansir ESPN.

Donnarumma Terbaik

Dengan berakhirnya laga final Euro 2020 antara Timnas Italia versus Ing­gris, maka berakhir sudah gelaran Piala Eropa tahun ini yang berlangsung sela­ma 31 hari dan menggelar total 51 pertandingan.

Seperti diketahui, Tim­nas Italia menjadi juara setelah menjegal Inggris melalui adu penalti. UEFA turut merilis daftar nama-nama pemain yang men­dapat penghargaan.

Kiper Timnas Italia Gian­luigi Donnarumma ter­pilih sebagai pemain terbaik di turnamen Euro 2020. Italia tampil solid di nyaris sepanjang gelaran Euro 2020 ini. Mereka kokoh di belakang dan tajam di depan.

Italia pun sukses jadi juara grup tanpa kebo­bolan sekalipun. Selain itu di fase knockout sampai final, mereka cuma kebo­bolan empat kali saja.

Sementara itu Cris­tia­no Ronaldo mendapat ge­lar sepatu emas atau top scorer Euro 2020. Pemain Timnas Portugal itu total mencetak lima gol.

Jumlah gol pemain Ju­ventus ini sama seperti striker Republik Ceska, Patrik Schick. Tapi CR7 berada di posisi teratas karena unggul jumlah assists: 1 berbanding nol. Yuk scroll ke bawah untuk meli­hat daftar penghargaan lainnya.

Nah, usai sudahlah pes­ta sepakbola benua Eropa dengan nama EURO 2020. Dan sampai jumpa di EURO 2022, Jerman. (*/rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional