Menu

Penanganan Covid-19 di Padang, Pemko sudah Kucurkan Dana Rp 15 M

  Dibaca : 212 kali
Penanganan Covid-19 di Padang, Pemko sudah Kucurkan Dana Rp 15 M
Ilustrasi

KURANJI, METRO
Untuk penanganan pasien Covid-19, Pemko Padang sudah mengucurkan dana Rp 15 miliar yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT). Direktur RSUD Rasidin, dr Herlin Sridiani mengatakan, dana tersebut digunakan untuk keperluan penanganan Covid-19. Mulai dari persiapan ruangan, alur, tenaga kesehatan, alat kesehatan.

Kemudian terang dr Herlin, dana itu juga digunakan untuk penginapan petugas, makan minum pasien, barang habis pakai, alat pelindung diri (APD) dan segala macamnya. “Jadi untuk semua itu, kita dialokasikan dana BTT dan sudah teralisasi kurang lebih sekitar Rp 15 miliar,” sebut dr Herlin.

Menurunya, jumlah tersebut bisa terus bertambah, karena pasien Covid-19 hingga saat ini terus meningkat. “Sementara itu, untuk biaya perawatan pasien dibiayai oleh Kementerian Kesehatan. Dengan cara kita mengajukan klaim ke Kemenkes, tapi sebelumnya diverifikasi dulu oleh BPJS tentang kelengkapan data, setelah diverifikasi baru dikirim ke Kemenkes dan baru dibayarkan dananya ke rumah sakit,” tukasnya.

Sampai saat ini terang dr Herlin, baru sepertiga pasien yang diklaim ke Kemenkes dari 574 pasien yang dirawat di RSUD. Sebelumnya ia mengatakan, selain memberikan terapi medis, rumah sakit tersebut juga memberikan terapi spiritual untuk penanganan pasien Covid-19. yang dipandu oleh rohaniwan yang ada di RSUD.

Untuk terapi spiritual ini terangnya, pihak RSUD Rasidin membuat jadwal setiap hari. Dimana kegiatannya dimulai dari shalat subuh, kemudian ada tausiah, ada murotalnya dan ada senam.

“Kita juga memberikan gizi dan makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Jadi inilah yang mempengaruhi tingkat kesembuhan pasien di RSUD,” sebut dr Herlin Sridiani. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional