Menu

Penanganan Covid-19 di 2021, Pemko Alokasikan Dana Rp 56,58 M

  Dibaca : 118 kali
Penanganan Covid-19 di 2021, Pemko Alokasikan Dana Rp 56,58 M
Medi Iswandi, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang

AIAPACAH, METRO
Jika tak ada kendala, pada November 2020 ini, vaksin Covid-19 akan diturunkan pemerintah pusat dan akan disuntikan pada warga. Pemberian vaksin ini diharapkan bisa melenyapkan Covid-19 di Padang sehingga anggaran APBD tak tersedot besar untuk penanggulangan corona.

“Kita dapat kabar vaksinnya November nanti akan diturunkan dan disuntikan pada warga. Semoga itu benar dan penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Medi Iswandi dalam diseminasi informasi Media Center secara virtual, Kamis (23/10).

Medi menjelaskan, untuk tahun 2021, Pemko Padang sudah menyiapkan anggaran senilai Rp 56,58 miliar untuk penanganan Covid-19. Anggaran besar ini akan digunakan untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, penanganan masalah ketenagakerjaan.

Kemudian terang Medi, anggaran untuk fasilitasi bagi IKM terdampak karena kondisi perekonomian yang tidak stabil dalam bentuk stimulus, sarana prasarana dan pendampingan, penerapan pola hidup bersih dalam bidang pariwisata dan budaya. Berikutnya, peningkatan perbaikan mental dan spiritual masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Namun anggaran itu bisa saja direcofusing kembali dan disesuaikan dengan kondisi yang ada nantinya. Tergantung keadaan. Kalau kondisi semakin memburuk, maka anggaran yang ada bisa saja dialihkan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak Covid-19,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan, sampai saat ini belum ada surat ataupun pemberitahuan dari pemerintah pusat soal kapan pemberian vaksin kepada warga. Sampai saat ini menurutnya vaksin Covid-19 masih sedang dalam tahap uji coba. Sementara obatnya juga belum ada.

“Kita belum dapat informasi soal itu. Yang jelas belum ada surat pemberitahuannya ke kita,” tandas Feri Mulyani.

Karena belum ada vaksin dan obatnya sebut Feri Mulyani, salah satu cara menyelamatkan warga adalah dengan memakai masker dan menjaga jarak. Sepanjang itu tidak dilaksanakan, mata mustahil Covid-19 akan hilang. “Kuncinya cuma pakai masker dan menjaga jarak,” tandas Feri Mulyani. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional