Menu

Penanganan Abrasi Pantai di Muaro Kandih Rp 20, 75 M

  Dibaca : 154 kali
Penanganan Abrasi Pantai di Muaro Kandih Rp 20, 75 M

PESSEL, METRO – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 20, 75 miliar, guna membangun pengamanan pantai di Muaro Kandih Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Pembangunan ini dimaksud untuk mengamankan masyarakat Muaro Kandih Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, dari ancaman bahaya bencana abrasi pantai.

”Pembangunan pengamanan pantai dilaksanakan tiga tahun berturut-turut mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2020,” kata Hendrajoni di Painan, kemarin.

Dikatakan, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2018 alokasikan anggaran sebanyak Rp 6, 35 miliar, kemudian tahun 2019  sebesar Rp 2,4 miliar dan tahun 2020 Rp 12 miliar.

 ”Total APBN yang terserap untuk pembangunan pengamanan pantai Muaro Kandih selama tiga tahun anggaran tersebut adalah Rp 20, 75 miliar,” kata Hendrajoni.

Sebagaimana diketahui peresmian pembangunan pengamanan pantai di Muaro Kandih dilakukan Bupati Hendrajoni bersama Kepala Balai Wilayah  V Sungai Sumatera, Maryadi Utama, ST, M.Si, pada Maret lalu.

Sementara, Kepala Dinas PSDA Ir H Doni Gusrizal mengatakan, pembangunan pengamanan pantai dilakukan dengan cara membangun groin sepanjang 70 meter, dengan posisi tegak lurus pantai.

Menurutnya, groin tersebut dibangun dengan interval antara groin pertama dengan berikutnya dengan jarak sepanjang 150 meter. Pada tahun 2018 lalu pemerintah sudah membangun 3 buah groin kemudian pada tahun ini dibangun 4 buah sehingga total dibangun sebanyak 7 buah. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional