Menu

Pemulihan Ekonomi di Era Tatanan Normal Baru, Pertanian dan Sektor UKM/IKM jadi Prioritas

  Dibaca : 239 kali
Pemulihan Ekonomi di Era Tatanan Normal Baru, Pertanian dan Sektor UKM/IKM jadi Prioritas
TEKEN— Penandatanganan perjanjian inovasi daerah oleh kepala OPD di lingkungan Pemkab Sjunjung yang dilakukan beberapa waktu lalu.

SIJUNJUNG, METRO
Arah pembangunan Sijunjung kedepan akan difokuskan pada percepatan pemulihan perekonomian masyarakat, terutama pasca masa penerapan PSBB akibat pandemi Covid-19 kemarin. Bahkan, dampak dari pandemi, hampir 70 persen dana APBD Kabupaten Sijunjung tahun 2020 tersedot untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Akibatnya, banyak kegiatan pembangunan yang sudah direncanakan sebelumnya terpaksa dialihkan untuk penanganan Covid-19. Karena untuk penanganan tersebut tidak ada dalam  perencanaan anggaran tahun 2020, sehingga pemerintah perlu melakukan refocusing anggaran untuk dialihkan.

Disisi lain, pandemi Covid-19 juga menyebabkan lemahnya perekonomian ditengah masyarakat. Sehingga pemerintah pusat membuat rumusan hingga ke pemerintah daerah untuk memprioritaskan anggaran di daerah sebagai percepatan pemulihan perekonomian. Arah pemulihan perekonomian dirumuskan pada  pemanfaatan potensi daerah, berwawasan lingkungan, infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik, merupakan sebagai tema pembangunan.

“Jika disimpulkan, sektor pertanian, perdagangan, perindustrian dan UKM/IKM akan menjadi prioritas pembangunan Sijunjung kedepan,” tutur Kepala Bapppeda Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir SSTP. M.Si. melalui Sekretaris, Dra. Yuni Elviza, MT.

Rumusan arah pembangunan itu, lanjutnya, merupakan acuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga pemerintah daerah dalam program prioritas pembangunan yang disinergikan. “Dengan demikian anggaran pembangunan akan diprioritaskan pada sektor pertanian, perindustrian, perdagangan dan UKM ditengah masyarakat, sehingga pemulihan perekonomian masyarakat bisa dikejar,” jelas Benny.

Meski demikian, pembangunan pada sektor yang lain tetap dikejar. Tentunya tetap mengacu pada RPJMD Kabupaten Sijunjung. “Dari rumusan tersebut, kita selaraskan kembali dengan program pencapaian RPJMD Sijunjung, yang mana secara prinsip hampir sama,” terang Benny.

Dari tema pembangunan yang telah dibuat tersebut, dirumuskan pada 8 item yang menjadi arah kebijakan. “Arah kebijakan ada pada 8 item diantaranya, pertanian, UKM/IKM, investasi, penyediaan lapangan kerja, pemberantasan kemiskinan, peningkatan SDM bidang pendidikan dan kesehatan, infrastruktur, kemudian perbaikan birokrasi pemerintahan,” jelas Benny. “Intinya secara keseluruhan memang difokuskan pada pemulihan perekonomian masyarakat. Itu nanti bisa berbentuk subsidi, bantuan dan belanja modal. Fokusnya tetap mendongkrak ekonomi masyarakat,” kata Benny. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional