Menu

Pemuda Tangguh Miliki Karakter dan Moral

  Dibaca : 80 kali
Pemuda Tangguh Miliki Karakter dan Moral
SAMBUTAN— Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma berikan sambutan pada hari Sumpah Pemuda ke 91. (chandra antoni/posmetro)

TANAHDATAR, METRO – Pemuda berkarakter tangguh adalah pemuda yang memiliki moral, kinerja, beriman, bertaqwa, berintegrasi tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

Pemuda dituntun untuk memiliki kapasitas intelektual, kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan yang mumpuni. Pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam menghadapi persaingan dunia.

Ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019, di Lapangan Gumarang, Batusangkar, Senin (28/10).

“Mengangkat tema bersatu kita maju diperingatan sumpah pemuda kali ini, semua itu sesunguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan, karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju,” ujar Zuldafri Darma.

Dikatakan juga bahwa pada saat ini telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik, semua itu tidak lepas dari perkembangan teknologi saat ini. Seperti media sosial yang menjadi wadah berbagi ilmu generasi muda lintas negara, budaya dan agama.

“Perkembangan teknologi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para generasi muda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya saing. Di sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif yang bersifat destruktif. Di sinilah, diharapkan generasi muda bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini,” ujar Zuldafri.

Ia juga berharap agar generasi muda dapat bertahan menghadapi dampak negatif dari modernisasi, selain itu harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad serta semangat kuat, didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbanan serta perjuanganmu tidak kan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Selamat hari sumpah pemuda ke 91 tahun 2019, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat dan ridhonya kepada kita semua,” ujar Zuldafri lagi.

Selepas upacara, dilangsungkan juga pemberian penghargaan pemuda berprestasi tahun 2019, di antaranya Muhammad Husen nominasi pemuda pelopor tingkat Nasional bidang pendidikan, Syifa Fauziah salah satu peserta Jambore pemuda Indonesia, Firdaus penerima penghargaan pemuda award bidang pendidikan tingkat Propinsi Sumatera Barat, Roni Fernando penerima penghargaan pemuda award bidang adat budaya tingkat Propinsi Sumatera Barat, dan Muhammad Gufron penerima penghargaan pemuda award bidang teknologi tepat guna tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Turut hadir Forkopimda, Sekda Irwandi, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari dan tamu undangan lainnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional