Close

Pemuda Kelurahan Teluk Kabung Utara, 2 Kali Cabuli Pelajar

CABUL— Pelaku DYP (18) diamankan di Polresta Padang atas kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.

PADANG, METROCabuli pelajar, se­orang pemuda warga Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bu­ngus Telukkabung, di­aman­kan oleh keluarga korban lalu diserahkan ke Polresta Padang, Ra­bu (15/9) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kasat Reskrim Pol­resta Padang Kompol Rico Fernanda menga­ta­kan, pelaku berinisial DYP (18) sudah diaman­kan  atas duagaan pen­cabulan terhadap anak di bawah umur yang masih berusia 15 tahun.

“Korban masih ber­sta­tus sebagai pelajar warga Kelurahan Pasar Laban, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Sedangkan pelaku sudah dewasa dan tidak punya pekerjaan alias pe­ngangguran,” ujarnya, Kamis (16/9).

Dikatakannya, penang­kapan pelaku berdasarkan laporan polisi diterima dari ibu korban tentang tindak pidana pencabulan ter­hadap anak dibawah umur yang terjadi Rabu (21/7) sekitar pukul 01.30 WIB dan Senin (2/8) sekitar pukul 02.30 WIB.

“Dari keterangan kor­ban, dia  diajak berhu­bungan intim dalam kamar pelaku sebanyak dua kali. Setelah pelaku melam­pias­kan hawa nafsunya korban disuruh pulang dan di­ancam jangan membi­cara­kan tentang yang dila­ku­kan pelaku,” ujar Rico.

Rico mengatakan, ter­ungkapnya korban sudah dicabuli,  berawal pada Rabu (11/8) sekitar pukul 18.00 WIB, sewaktu pe­lapor atau ibu korban se­dang memasak makanan untuk anaknya di dapur. Ke­mu­dian, datang korban me­nemui pelapor. Saat itu pelapor bertanya kepada korban kenapa sering me­la­wan kepada orang tua, karena biasanya kor­ban tidak pernah melawan.

“Awalnya korban hanya diam saja, setelah pelapor bujuk korban dengan rasa gugup berkata kepada pe­la­por bahwa ia sudah tidak perawan lagi,” katanya.

Lebih jauh Rico menga­takan, mendengar hal ter­sebut pelapor terkejut dan be­rusaha menanyakan kem­bali kebenaran hal ter­sebut.

“Korban mengiyakan sambil menangis. Pelapor bertanya lagi siapa yang me­lakukan perbuatan ter­se­but. Korban menga­ta­kan bahwa yang telah mela­kukan perbuatan ter­sebut adalah pelaku DYP,” ujar­nya.

Rico juga mengatakan, pelaku sudah terlebih da­hulu diamankan oleh pihak ke­luarga, dan menye­rah­kan ke Polsek Bungus Teluk Kabung. Selanjutnya pe­laku diamankan tanpa per­lawanan dan dibawa ke Polresta Padang untuk pro­ses lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pa­sal 81 Ayat (1) dan (2) jo pasal 76D Subs Pasal 82 ayat (1) jo Pasal 76E UU RI No.17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pe­me­rintah Pengganti Un­dang Undang Nomor 1 Ta­hun 2016 tentang peruba­han kedua atas Undang Un­dang RI nomor 35 Ta­hun 2014 tentang peru­bahan atas Undang Un­dang RI Nomor 23 tahun 2002 ten­tang Perlindungan Anak. Ancaman pidana minimal 5 Tahun dan mak­simal 15 Tahun pidana pen­jara,” ujarnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top