Menu

Pemuda Dituntut Miliki Karakter Kepemimpinan di Kota Solok

  Dibaca : 64 kali
Pemuda Dituntut Miliki Karakter Kepemimpinan di Kota Solok
DISKUSI BEDAH TESIS— Wako Solok Zul Elfian ketika menghadiri salah satu kegiatan diskusi bedah tesis yang dilaksanakan generasi muda Kota Solok.

SOLOK, METRO–Pemuda dituntut te­ram­pil menguasai keca­kapan hidup dan memiliki karakter kepemimpinan. Memotivasi diri dalam mencari penga­laman dan wawasan sangat diperlukan bagi pemuda.

Ketika menghadiri diskusi bedah tesis dengan tema revitalisasi surau dalam penguatan karakter ke­pemimpinan pemuda di Minangkabau, Wali Kota Solok Zul Elfian menegaskan, dirinya sangat mendorong berbagai kegiatan pemuda yang dapat memotivasi banyak orang untuk kemajuan. Apalagi peran pemuda sebagai penggerak untuk sebuah kemajuan sangat penting.

Dalam arahannya Zul Elfian mengucapkan terimakasih banyak kepada organisasi solok muda yang telah menyelanggarakan acara bedah tesis sebagai penambah kawasan bagi banyak generasi muda.

“Semoga nantinya banyak yang termotivasi untuk berbuat demi sebuah kemajuan. Dan generasi-generasi muda akan terpanggil karena mereka merupakan generasi penerus.  Saya sebagai Wali Kota Solok bangga dengan acara seperti ini apalagi dengan Revitalisasi Surau dalam Penguatan Karakter Kepemim­pinan Pemuda di Minangkabau,” ungkapnya.

Zul Elfian juga mengatakan akan selalu mensupport kegiatan-kegiatan pemuda dengan harapan kedepannya lahir pemuda yang beriman dan bertaqwa sebagai calon pemimpin. Lebih jauh Zul Elfian berharap, pemuda yang berkarakter akan mampu menggali setiap potensi yang ada.

Dengan kata lain, generasi muda harus mampu memanfaatkan dan mengolah potensi yang ada diling­kungan sekitarnya.  Khususnya di Kota Solok yang relatif kaya dengan lahan pertaniannya dan potensi ge­o­grafis yang letaknya dijalur strategis.

Bagaimana mengoptimalkan potensi yang ada, tentu terletak ditangan pe­nerus kelak. Selain menumbuhkan jiwa kepemimpinan, jiwa kewirausahaan juga perlu ditanamkan bagi pemuda.

Terutama dalam upaya peningkatan ketahanan eko­­­nomi bangsa, pemuda di­tuntut untuk kreatif dan tangguh dalam untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.  “Jika semangat berwirausaha ini tertanam dalam setiap jiwa generasi muda, maka nantinya akan mampu mensejahterakan dan mengangkat pere­konomian masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, generasi muda jangan hanya berfikir untuk bekerja. Tapi, pikirkan bagaimana dapat memperkejakan orang lain dengan usaha yang dimiliki.  Searah dengan itu, lanjutnya pemerintah terus mendorong dan memfasilitasi salah satunya menggelar berbagai kegiatan pelatihan. Dengan tujuan untuk memupuk rasa cinta dan kemauan generasi muda agar para penerus bangsa ini dapat terangsang untuk mandiri dan berwirausaha.

Selain untuk mendorong masyarakat mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam wirausahawan, masyarakat juga perlu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman dan mampu mempromosikan hasil priduk yang dibuat.

Banyak potensi yang bisa dikembangkan didaerah. Dan pemerintah daerah, akan membangun sentral- sentral usaha masyarakat.  Dengan adanya sentral tersebut bisa menjadi tempat dimana para pengrajin bisa memasarkan produknya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional