Close

Pemrov Sumbar Gelar Shalat Ied di Halaman Kantor Gubernur, Mahyeldi Didapuk Jadi Khatib

Mahyeldi Ansharullah

PADANG, METRO–Dalam melaksanakan shalat Idul Fitri (Ied) 1443 H, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) merujuk kepada Surat Edaran (SE) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022, tanggal 29 Maret 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah me­lalui Juru Bicara (Jubir) Pemprov Sumbar, Jasman Rizal menginformasikan, untuk pelaksanaan shalat Ied, Pemprov Sumbar telah melaksanakan rapat pada Kamis (28/4) di Kantor Gu­bernur Sumbar dengan PHBI Sumbar, Polresta Padang, Pengurus Mesjid Raya, TPSM dan Kanwil Kemenag Sumbar yang juga dihadiri BMKG.

Hasil keputusan rapat antara lain, sesuai SE Ke­me­nag RI Nomor 8 Tahun 2022, Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M da­pat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk jadwal pelaksa­naan Shalat Ied 1 Syawal 1443 H / 2022 M, menunggu hasil penetapan oleh Ke­menag RI. “Namun demi­kian, untuk sementara kita tetap berasumsi dilaksana­kan Senin, (2/5). Kalau ada terjadi perubahan jadwal, akan disesuaikan kemu­dian.

Tempat pelaksanaan shalat Ied, 1 Syawal 1443 H/2022 M Pemprov Sumbar, direncanakan di halaman kantor Gubernur Sumbar. “Namun, kalau hari hujan dan atau lapangan  tidak dapat digunakan karena sesuatu dan lain hal, maka salat Ied akan dilaksa­nakan di Mesjid Raya Sum­bar,” ucapnya.

Pelaksanaan prosesi salat Ied telah dimulai se­jak pukul 6.00 WIB, dengan Khatib, Buya H. Mahyeldi Ansharullah. Sementara, Imam: H. Albizar, Lsc, M.Pd, dan juga imam ca­dangan M. Fathoni

“Sesuai SE Kemenag RI Nomor 8 Tahun 2022, dite­gaskan bahwa masyarakat dihimbau untuk mengu­man­dangkan takbir pada malam Idul Fitri Tahun 1443 H 2022 M di masjid, musala atau rumah saja,” terangnya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top