Menu

Pemprov Verifikasi Penerima Bantuan Restocking

  Dibaca : 310 kali
Pemprov Verifikasi Penerima Bantuan Restocking
DKP Sumbar Verifikasi Lokasi Penerima Bantuan Restocking Ikan di Garagahan

AGAM,METRO
Pemprov Sumbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat, bersama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam verifikasi lokasi penerima bantuan restocking ikan gariang di Jorong IV, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kamis (25/2).

Kedatangan rombongan DKP Provinsi Sumbar tersebut disambut hangat Wali Nagari Garagahan, diwakili sekretaris nagari, wali jorong dan pengurus lubuak larangan, di Kantor Jorong IV, Nagari Garagahan.

Penyuluh Perikanan Kecamatan Lubuk Basung, Welli Santi mengatakan, verifikasi lokasi ini, merupakan tahapan sebelum bantuan ikan diserahkan, untuk melihat layak atau tidak layaknya lokasi tersebut sebagai penerima bantuan. “Restocking ikan ini, bertujuan untuk melestarikan ikan garing yang ada di sungai, dan lubuak-lubuak larangan yang dikelola oleh masyarakat,” ujar Welli.

Dijelaskan, bantuan restocking ikan gariang tersebut merupakan bantuan dari DKP Provinsi Sumbar melalui DPKP Agam, dengan jumlah bantuan bibit ikan sebanyak 25 ribu ekor per lokasi. “Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar, semoga nantinya lokasi ini bisa mendapatkan bantuan tersebut,” harap Welli.

Welli Santi menjelaskan, di Kabupaten Agam, ada 5 lokasi calon penerima bantuan restocking ikan garing dari Provinsi Sumbar. Yaitu 1 lokasi di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan 4 lokasi di Kecamatan Lubuk Basung, 3 diantaranya berada di Jorong IV, Nagari Garagahan. “Insyaa Allah, paling lama satu bulan setelah dilakukannya verifikasi lokasi, bibit ikan gariang akan sampai di lokasi penerima bantuan,” terang Welli.

Selain itu, sebagai penyuluh perikanan, Welli Santi juga mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah kerjanya, agar dapat memaksimalkan potensi yang ada, khususnya di bidang perikanan, dengan memanfaatkan saluran irigasi untuk membudidayakan ikan, membuat lubuak larangan, dan lain sebagainya. “Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya,” harap Welli. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional