Menu

Pemprov Sumbar Dukung Pembukaan Lahan Pertanian Baru, Kabupaten Sijunjung Berpotensi Jadi Sentra Jagung

  Dibaca : 55 kali
Pemprov Sumbar Dukung Pembukaan Lahan Pertanian Baru, Kabupaten Sijunjung Berpotensi Jadi Sentra Jagung
PANEN JAGUNG—Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy saat meninjau panen jagung di Sijunjung, Jumat (16/7).

PADANG, METRO–Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mendukung ren­cana pembukaan lahan pertanian baru di Kabu­paten Sijunjung untuk me­ningkatkan produktivitas masyarakat. “Kita me­mang fokus pada sektor perta­nian karena itu bisa sejalan dengan upaya pengem­bangan pertanian di Sijun­jung,” kata Wakil Gubernur (wagub) Sumbar, Audy Joi­naldy saat meninjau panen jagung di Sijunjung, Jumat (16/7).

Ia mengatakan, saat ini di Dinas Pertanian Provinsi Sumbar masih tersedia cukup banyak bibit jagung yang bisa dimanfaatkan oleh petani di Sijunjung. “Silahkan nanti peme­rin­tah daerah menyiapkan berapa potensi lahan dan berapa kebutuhan untuk bibit. Nanti kita akan ba­n­tu,” katanya.

Menurutnya, komo­di­tas jagung berkaitan erat dengan peternakan ayam. Jika di Sijunjung terdapat sekitar 500 ribu ekor ayam, maka dengan asumsi normal satu ekor butuh 50 gram jagung sehari, maka kebutuhan jagung di Sijun­jung saja mencapai 25 ton sehari. “Itu belum masuk kebutuhan untuk kabu­pa­ten dan kota lain di Sumbar yang juga mulai banyak mendirikan peternakan ayam,” katanya.

Audy mengatakan de­ngan pembukaan banyak lahan baru untuk komuni­tas jagung, maka Sijunjung bisa menjadi sentra jagung di Sumbar. “Bantuan baik itu alat mesin pertanian (alsintan) benih pupuk bisa kita alokasikan. Kalau ku­rang kita bisa bantu dapat­kan dari Kementerian,” ucapnya.

Terkait pertanian tam­bahnya, ada Program Sa­wit Rakyat (PSR) untuk dibantu dari kementerian, tapi khusus untuk sawit rakyat. “Ini juga bisa kita upayakan nanti untuk ban­tuan dari pusat,” ujar Audy.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebut, sektor pertanian adalah sektor yang menye­la­mat­kan perekonomian Sijun­jung di saat pandemic Co­vid-19.

Ke depan pertanian akan menjadi fokus pe­ngembangan pereko­no­mian daerah didukung de­ngan petani yang mulai melek teknologi dan mene­r­ima alat-alat mekanis pertanian. “Jadi ke depan pertanian di Sijunjung tidak lagi konvensional seperti sebelumnya. Tetapi akan menjadi pertanian yang maju didukung oleh pera­latan yang memadai,” pung­kasnya.

Pada kesempatan itu, Audy Joinaldy menjajal panen jagung dengan me­sin panen jagung Combine Corn Harvester, milik ke­lompok tani di Padang Ra­nah Nagari Sijunjung.

Selain Audy, panen ja­gung dengan alat tersebut untuk lahan seluas 3 hektar juga dilakukan oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir bersama Wakil Bu­pati Iraddatillah.

Turut hadir pada saat itu, Komandan Kodim 03­10/SS Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Si­junjung, serta kelompok tani. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional