Close

Pemotongan Siltap dan Tunjangan, Ratusan Perangkat Desa di Pessel Temui Bupati

PESSEL METRO–Berkurangnya transfer Dana Alokasi Umum (DAU) yang jumlahnya hanya sekitar Rp 514 miliar. Membuat ratusan perangkat desa di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (19/1/2023) sampaikan kondisi saat ini di hadapan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar.

Kedatangan ratusan perangkat desa, di Pesisir Selatan diterima langsung Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, di gedung Painan Convention Center.

” Saya sangat terharu sekali, karena bupati datang menemui audiens, ini luar biasa, dan saya hanya meminta siltap dan tunjangan tidak dikurangi, hanya itu saja, ” Ketua Pengurus Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pesisir Selatan. Epi Syofian.

Dikatakan Epi Syofian, aspirasinya mewakili ratusan perangkat desa yang hadir mengaku terharu dan bangaa karena yang datang adalah bupati langsung.

Permintaan dari PPDI itu dijawab langsung oleh bupati pesisir selatan. Dimana memberi penjelasan bahwasa penyebab dikurangi siltap adalah berkurangnya transfer Dana Alokasi Umum (DAU) yang jumlahnya hanya sekitar Rp 514 miliar.

“ini yang mesti kita pahami dan diharapkan dimengerti oleh kita semuanya, kondisi keuangan yang terbatas, tiada niat untuk menyakiti siapa pun,” tegasnya.

Menurutnya, ia bakal mengembalikan penghasilan tetap (siltap) seperti sediakala namun khusu untuk tunjangan tidak bisa diakomodir.

” Siltap ada aturannya dan secepatnya kita revisi peraturan bupati tentang itu, tapi kalau tunjangan tidak ada aturan bakunya, seharusnya tunjangan ini di suplai dari bumnag atau pendapatan asli nagari,” katanya.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dihadapkan ratusan perangat desa berharap agar perangat desa yang ada, memahami kondisi keuangan yang minim. Dan, memahami terhadap kondisi dan situasi saat ini.

Lebih lanjut, Bupati Pesisir Selatan itu akan tetap pada koridor awal. ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top